-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

14 September 2009

Di Jatim Pengemis Dimodali Rp 1 Juta

http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2009/09/04/35787


04 September 2009 | 21:25 wib | Nasional

Di Jatim Pengemis Dimodali Rp 1 Juta

Surabaya, CyberNews. Berita gembira bagi pengemis di Jatim, khususnya di Kota Surabaya dan Malang. Kenapa? Sebab, Pemprov Jatim memberikan bantuan modal sebesar Rp 1 juta kepada tiap pengemis.

Modal itu bisa dimanfaatkan untuk memberdayakan pengemis agar mampu mandiri dan tak selama menggantungkan hidup dengan cara menanti belas kasihan orang lain. Selain itu, berdasar konstitusi, masalah fakir miskin itu menjadi tanggung jawab negara.

Kenyataan itu dikatakan Gubernur Jatim, Soekarwo kepada wartawan di Surabaya, Jum'at (4/9). "Kami beri modal Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta per orang. Terserah mau berjualan apa, yang penting jangan mengemis," ujar Soekarwo.

Dia menambahkan, program memberdayakan pengemis di Jatim ini hasil kerja sama antara Pemprov Jatim dengan PT Bogasari. Para pengemis  dididik bisa mandiri dan tidak melakukan pekerja mengemis lagi. Program ini telah berjalan di Surabaya, Malang, Mojokerto, dan Jember. "Yang penting sekarang Surabaya dan Malang dulu, karena kedua kota ini cukup banyak para
pengemisnya," tambahnya.

( Ainur Rohim / CN08 )