-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

14 September 2009

Jumlah Pengemis Meningkat 300 Persen Selama Puasa

http://nasional.kompas.com/read/xml/2009/09/07/12533136/Jumlah.Pengemis.Meningkat.300.Persen.Selama.Puasa


Jumlah Pengemis Meningkat 300 Persen Selama Puasa
Ilustrasi
Senin, 7 September 2009 | 12:53 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Jumlah pengemis di Kota Padang pada bulan Ramadhan 1430 Hijriah meningkat tiga kali lipat dibandingkan pada bulan-bulan sebelumnya.

"Dari data yang kami miliki, pada hari biasa jumlah pengemis di Kota Padang 135 orang. Namun pada bulan puasa ini meningkat 300 persen," kata Sekretaris Dinas Sosial Tenaga Kerja Kota Padang, Tamrizal, di Padang, Senin (7/8).

Untuk mengatasi masalah sosial gelandangan dan pengemis, dinasnya sudah dua kali menggelar razia dengan melibatkan pihak terkait.

"Dalam dua kali razia di bulan puasa itu, berhasil dijaring sebanyak 35 pengemis. Dari jumlah itu, ada yang dikembalikan ke daerah asal, dan ada yang dibina di Pantai Bina Guna Sosial Tenaga Kerja, di Ulak Karang, Padang," kata Tamrizal.

Pada bulan puasa atau menjelang lebaran, Kota Padang banyak didatangi para pengemis dari kabupaten/kota di Sumbar. Para pengemis datang pada pagi dan kembali ke daerah masing-masing pada sore hari.

Para pengemis beroperasi di lampu merah, masjid, pasar, pusat perbelanjaan, dan perkantoran. Menyangkut fatwa haram MUI Sumenep, Jawa Timur, bagi para pengemis, Tamrizal mengatakan, di Padang belum ada larangan tersebut.

"Kita tidak ada larangan atau fatwa haram mengemis. Hanya saja, tindakan mengemis itu memang menganggu dan membahayakan keselamatan mereka sendiri. Terutama terhadap aktivitas mengemis di jalan-jalan," kata dia.

Dinsos Tenaga Kerja Padang pada 2009 melaksanakan berbagai program pelatihan keterampilan bagi pengemis, agar mereka bisa mandiri dan berusaha sendiri.

Selain itu juga diberikan bantuan berupa peralatan sesuai kemampuan. "Pelatihan dan bantuan itu diserahkan melalui pribadi dan kelompok usaha," ujarnya.