-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

06 October 2009

24 Joki Dijaring

http://www.beritakota.co.id/berita/kota/15929-24-joki-dijaring-.html

24 Joki Dijaring
Jum'at, 02 Oktober 2009 02:05
JAKARTA, BK
Puluhan joki tree in one yang biasa mangkal sejumlah kawasan Jakarta Pusat lari tunggang langgang saat petugas Satpol PP menggelar penertiban, Kamis (1/10). Namun 24 joki, dua di antaranya anak di bawah lima tahun berhasil dijaring dan langsung dibawa ke Panti Sosial Cipayung, Jakara Timur.  

Kasatpol PP Jakpus Idris Priatna mengatakan, penertiban digelar sekitar pukul 08.00-10.00 di beberapa titik rawam joki, termasuk di Jl Asia Afrika, Tanahabang. "Hasilnya, 24 joki dua di antaranya anak usia di bawah lima tahun terjaring. Seluruhnya langsung dibawa ke Panti Sosial di Cipayung," katanya.

Idris mengaku, tidak mudah menjaring para joki. Masalahnya mereka kerap berkelit dan tidak mengaku joki. Sebut saja Anita (22). Wanita berambut lurus dan bertubuh kurus itu menolak diangkut petugas ke atas mobil patroli lantaran menolak disebut joki. Dia mengaku karyawan. Apalagi saat itu ia mengeluarkan kartu tanda penduduk (KTP) lengkap dengan buku tabungan. Namun Anita tidak memiliki identitas karyawan sebagaimana pengakuannya kepada petugas.

Semula, petugas ragu menggelandang Anita. Beruntung ada pedagang yang memberikan kesaksian bahwa Anita berprofesi sebagai joki. Anita pun tidak bisa berkutik.  

Aksi serupa dilakukan Pratikno (35). Lelaki paruh baya yang tengah berdiri di pertigaan Jl Asia Afrika dan Jl Pintu I Gelora Bung Karno langsung ngacir meninggalkan anaknya yang berusia empat tahun di lokasi. Namun sebelum jauh anaknya menangis. Akhirnya Praktino kembali meminta agar anaknya tidak ikut diangkut. O amh