-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

19 October 2009

30 Ribu Pencari Kerja Sesaki Balai Kartini

http://www.beritakota.co.id/berita/berita-utama/17339-30-ribu-pencari-kerja-sesaki-balai-kartini.html

30 Ribu Pencari Kerja Sesaki Balai Kartini
Senin, 19 Oktober 2009 01:58
HARI TERAKHIR JOBSDB.COM

JAKARTA, BK
Puluhan ribu pencari kerja terus memadati bursa kerja JobsDB Career Expo 2009 yang diselenggarakan di Balai Kartini, Jakarta. Pada penutupan Minggu (18/10) kemarin, panitia mencatat sedikitnya 30 ribu pencari kerja tumpah-ruah di lokasi.

Dengan demikian, selama tiga hari digelar yaitu sejak Jumat (16/10), bursa kerja JobsDB Career Expo 2009 disambangi 67 ribu pencari kerja. Pada Jumat, bursa itu didatangi 17 ribu pencari kerja dan pada Sabtu (17/10) disambangi 20 ribu pencari kerja.

Mereka akan bertarung guna memperebutkan 7.200 lowongan kerja di 150 perusahaan. Artinya, dari 67 ribu yang melamar, hanya sekitar 11 persennya saja yang akan diterima.

Banyaknya pencari kerja yang datang, di luar perkiraan pihak panitia yang mematok angka target 50 ribu pencari kerja. "Target kita hanya 50 ribu pencari kerja. Berarti, target yang kita tetapkan sangat terlampui. Sedangkan lowongan kerja yang disediakan 150 perusahaan yang mengikuti ajang ini hanya 7.200 lowongan," ungkap Manager Expo JobsDB.com Aditya D Sunur yang ditemui Berita Kota di lokasi, Minggu (18/10). Di hari terakhir bursa kerja ini, dua stasiun televisi swasta yang menjadi peserta, yaitu Metro TV dan Trans TV langsung memberikan uji kemampuan bagi pelamar yang mencoba berkarir di bidang presenter atau penyiar.

Menurut Aditya, profesi di media eletronik, khususnya sebagai presenter memang menjadi salah satu primadona pada bursa kerja kali ini, selain di bidang industri perbankan dan manufacturing. Para sarjana yang baru lulus (fresh graduate) dari beragam perguruan tinggi, baik pria maupun wanita tampak memadati gerai kedua stasiun televisi swasta tersebut.
 
Apalagi, kedua stasiun televisi swasta tersebut langsung melakukan tes kamera bagi pelamar yang memenuhi persyaratan. "Khusus Metro TV, hasil tes bisa diketahui hari itu juga. Sementara Trans TV baru akan mengumumkannya pada Selasa (20/10)," ungkapnya.

Sementara itu, General Manager JobsDB.com Chandra Ming membenarkan, ada tiga jenis pekerjaan yang banyak diminati, baik yang fresh graduate maupun mereka yang sudah memiliki pengalaman kerja. Ketiga jenis pekerjaan tersebut adalah bidang media, industri perbankan, dan manufacturing. "Wings's salah satu perusahaan yang bergerak di bidang manufacturing, pada hari pertama saja sudah kebanjiran tidak kurang dari 10 ribu lamaran," jelas Chandra. Media, lanjut Chandra juga menjadi pekerjaan yang menarik. Apalagi, saat ini kian banyak industri media yang hadir di tengah masyarakat dan memberi peluang pekerjaan yang menarik.

Sondang (21), salah satu calon pelamar yang ikut antre di gerai Trans TV mengungkapkan, berdasarkan latar belakang pendidikan yang kini tengah dijalaninya, maka dia lebih tertarik melamar bekerja di bidang media, daripada bidang lainnya. "Kebetulan basic saya di Ilmu Komunikasi. Makanya, saya tertarik melamar pekerjaan sebagai presenter. Karena Trans TV membuka kesempatan pada bursa kerja kali ini, maka saya langsung ikut melamar," ujarnya sambil menunggu giliran dipanggil guna mengikuti tes. 

Seperti diberitakan sebelumnya, untuk bisa ikut melamar pekerjaan pada bursa kerja ini, para pencari kerja memang diberi berbagai kemudahan. Mereka hanya tinggal memilih dua jenis tiket masuk, yakni regular seharga Rp25 ribu/orang dan Rp75 ribu untuk mereka yang memilih fast lane. Perbedaan harga tiket masuk ini, terletak pada pada fasilitas yang akan diperoleh.

Untuk peserta fast lane, tidak perlu repot-repot untuk mengantre saat akan mengajukan lamaran pekerjaan karena sudah bisa langsung dilakukan di layar komputer yang disediakan. Sedangkan yang memilih tiket reguler, harus bersiap-siap mengantre dengan ribuan pelamar lainnya.

Uniknya, dalam penyelenggaraan bursa lowongan pekerjaan kali ini, peserta tidak perlu membawa lamaran dan CV dalam bentuk print out. Tetapi cukup dengan soft copy yang sudah tersimpan di flash disk dan akan dipindahkan pada saat mengisi formulir lamaran. O tha