-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

13 October 2009

81 Bangunan Dibongkar

http://www.beritakota.co.id/berita/kota/16816-81-bangunan-dibongkar.html

81 Bangunan Dibongkar
Selasa, 13 Oktober 2009 03:19
SEBANYAK 81 bangunan liar yang bercokol di atas saluran sepanjang Jl Kebonjeruk XVIII, RW 06 dan 08 Kelurahan Maphar, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat, dibongkar aparat kecamatan setempat, Senin (12/10). Upaya itu dilakukan dalam rangka normalisasi saluran penghubung yang selama ini tertutup bangunan.

BK/MOAN
Penertiban dipimpin Lurah Maphar Sarwono dengan mengerahkan petugas gabungan dari TNI, Polri, dan Satpol PP. Menurut Lurah, aparat terpaksa melakukan tindakan tegas karena masih banyak bangunan liar menutup saluran. Padahal pemilik sudah diperingatkan melakukan pembongkaran.

"Penertiban kami lakukan atas perintah Walikota Jakarta Barat. Mengingat batas waktunya sudah habis, tapi masih ada bangunan yang belum dibongkar, kami terpaksa melakukan pembongkaran paksa," ujarnya.

Penertiban itu sudah disosialisasikan melalui surat edaran maupun pemberiatahuan kepada para pemilik bangunan pada petermuan di kantor RW setempat sebelum puasa lalu. Melalui sosialisasi itu banyak warga yang sadar membongkar bangunannya, sehingga kemarin jumlah bangunan yang belum dibongkar relatif lebih kecil dibanding yang sudah dibongkar pemilik.

Najib (44), salah seorang warga mengaku hanya bisa pasrah menyaksikan bangunan semipermanen yang digunakan sebagai tempat tinggal keluarganya dibongkar petugas. "Saya nggak dapat berbuat apa-apa, karena jauh-jauh hari sudah diperingatkan pihak kelurahan dan kecamatan segera pindah. Tapi karena tidak ada uang, terpaksa saya tetap menghuninya. Setelah dibongkar saya binggung pindah ke mana," katanya dengan nada sedih.

Camat Tamansari Rustam Effendi menuturkan, setelah seluruh bangunan liar di atas saluran penghubung yang bermuara ke Kali Ciliwung itu bersih, selanjutnya akan dipagar dan dikeruk. "Saluran ini dulunya tiga meter dan dalamnya dua meter. Sesuai rencana kami akan kembalikan seperti semula. Saya berpesan agar warga tidak kembali mendirikan bangunan di atas saluran tersebut," imbuhnya. O oan