-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

14 October 2009

Bayi Gizi Buruk Terserang HIV/AIDS

http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa/2009/10/13/brk,20091013-202290,id.html

Bayi Gizi Buruk Terserang HIV/AIDS

Selasa, 13 Oktober 2009 | 11:08 WIB

TEMPO Interaktif, Jember - Seorang bayi yang menderita gizi buruk dinyatakan terserang virus HIV/AIDS setelah menjalani pemeriksaan di Klinik VCT RSUD dr Subandi, Jember.

Menurut Kepala Klinik VCT RSUD dr Subandi, dr Justina Evi Tyaswati Sp.Kj, sebelumnya selama sepekan bayi itu dirawat karena menderita gizi buruk jenis kwaskioskor atau kekurangan protein dan penyakit tubercholuses (TBC).

"Semakin lama perkembangannya makin memburuk, dan setelah kita periksa lebih lanjut kondisi HIV/AIDS-nya masuk stadium tiga," kata Justina, Selasa (13/10) siang.

Bayi itu akhirnya dinyatakan positif terpapar virus mematikan itu. Bayi yatim piatu itu, kata Justina, diduga kuat tertular dari bapak-ibunya yang telah meninggal dunia tahun lalu. Sejak sebulan setelah lahir, anak itu dirawat bibinya di sebuah desa di Jember.

Selain bayi itu, ada empat warga yang kini dirawat. Mereka berprofesi sebagai pekerja seks komersial (PSK), waria, dan ibu rumah tangga. Semua pasien yang menjalani terapi dan perawatan di Klinik VCT Jember itu, lanjutnya, berada dalam stadium satu hingga stadium empat.

Dalam bulan Oktober ini pula, tiga pengidap HIV/AIDS yang menjadi pasien Klinik VCT RSUD dr Subandi selama bulan Agustus-September lalu meninggal dunia. "Daya tahan tubuh mereka drop karena tidak mau tertib berobat dan disuntik ARV," katanya.

Selama bulan Agustus dan September 2009 lalu, Klinik VCT RSUD dr Subandi menerima 19 pasien yang dinyatakan positif HIV/AIDS.

MAHBUB DJUNAIDY