-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

07 October 2009

Becak di Senen Ditertibkan

http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2009/10/06/becak-di-senen-ditertibkan

Becak di Senen Ditertibkan

Oktober 6, 2009 - 14:49
Kategori Berita Terkini, Jakpus

SENEN (Pos Kota) – Tarik-tarikan antara aparat dengan tukang becak mewarnai penertiban becak yang digelar aparat Muspika Kecamatan Senen, Jakpus, Selasa (6/10). Sebanyak 11 becak berhasil diangkut dan dikirim ke gudang Cakung, Jaktim.

"Pak tolong jangan diambil becak saya, gimana harus cari makan buat anak," ucap seorang tukang becak yang terus berusaha mempertahankan becaknya dari tarikan petugas. Tarik-tarikan becakpun terjadi, namun petugas berhasil mengangkutnya.

Tidak hanya itu, petugaspun terpaksa harus berlarian mengejar tukang becak yang berusaha kabur dengan mengenjot becaknya. Tetapi usaha tukang becak sia-sia, karena yang berjumlah sekitar 20 orang berhasil mengejar dan menyita becaknya untuk dikandangkan.

Razia becak yang dipimpin Camat Senen, Hidayatulah dan Wakil Camat, Herry Purnama tersebut sempat membuat kaget dan bingung beberapa tukang becak yang tengah mangkal. Sehingga ada yang berusaha kabur, namun sebagian tampak pasrah.

Beberapa lokasi yang dijadikan titik penertiban, di Pasar Kwitang Kelurahan Kwitang diangkut lima becak, Kramat Bunder, Kelurahan Kramat diangkut empat becak dan di depan blok III Pasar Senen diangkut dua becak. "Keberadaannya sangat mengganggu dan terkadang membuat kemacetan arus lalu lintas seperti di Pasar Kwitang," ujar Camat Senen Hidayatullah.

Hidayatullah menambahkan dari pemantauannya becak-becak yang mangkal dan berhasil ditertibkan tersebut semuanya baru, termasuk tukang becaknya orang baru. Sehingga tidak menutup kemungkinan mereka baru datang dari kampung. "Penertiban becak akan dikordinasikan dengan tingkat kota karena ditingkat kecamatan ada keterbatasan," katanya. (Tarta/B)