-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

12 October 2009

Buruh Pabrik Kasur Tuntut Pembatalan PHK

http://berita.liputan6.com/daerah/200910/247217/Buruh.Pabrik.Kasur.Tuntut.Pembatalan.PHK

Buruh Pabrik Kasur Tuntut Pembatalan PHK  

Patria Hidayat
12/10/2009 15:45
Liputan6.com, Bandung: Para buruh dari PT. Royal Abdi Sejahtera berunjuk rasa di depan kantor perusahaan tersebut di Jalan Cilame, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (12/10). Aksi ini menuntut perusahaan pembuat kasur busa ini membatalkan pemutusan hubungan kerja (PHK) bagi ratusan pekerja dengan alasan pabrik kebakaran. Sebab pada kenyataannya, perusahaan tidak merugi.

Sejak pagi hari para buruh meggelar membentang poster dan spanduk diselingi orasi. Alasan pihak perusahaan yang mengalami kebakaran besar sebelum bulan puasa lalu dianggap mengada-ada. Sebab pada kenyataannya, saat ini pihak perusahaan kembali menerima pegawai dari outsourcing. Menurut salah seorang buruh, Iwan, perusahaan nyata-nyata telah mengelabui karyawan untuk melakukan PHK. Padahal dari peristiwa kebakaran, kantor menerima ganti rugi dari asuransi.

Aksi unjuk rasa tersebut berlangsung dengan tertib. Bahkan para pekerja berkerumun di pintu gerbang perusahaan tanpa pengawalan ketat dari aparat kepolisian setempat.(TES/YUS)