-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

08 October 2009

Gapoktan Batubara Terima Dana Rp2,2 M

http://hariansib.com/?p=94867

Gapoktan Batubara Terima Dana Rp2,2 M

Posted in Daerah by Redaksi on Oktober 8th, 2009

Limapuluh (SIB)
Untuk meningkatkan kesejahteraa petani yang sebagian besar masih berada di bawah garis kemiskinan, Departemen Pertanian menyalurkan bantuan kepada 22 Gapoktan di Batubara senilai Rp.2,2 miliar melalui program PUAP (Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan) Sumatera Utara.


Dana sebesar Rp2,2 miliar akan disalurkan Nopember 2009, jelas Ketua Tim Teknis PUAP Kab Batubara Ir Riswan Simarmata M MA melalui Sekretaris Tim M. Hair kepada SIB, Rabu (7/10) di sela-sela apresiasi PUAP Sumut TA 2009 di Gedung Bina Prestasi Limapuluh.


Ditambahkannya, dana yang bersumber dari APBN itu akan menjadi milik Gapoktan dan digulirkan terus menerus di antara anggota masing-masing Rp 5 juta.
Dana ini dimaksudkan untuk meningkatkan usaha berbasis pertanian kecuali bidang peternakan dimana masing-masing Gapoktan akan menerima dana Rp. 200 juta. Sedangkan yang berhak menerimanya adalah petani miskin yang memiliki lahan terbatas.
Diakui Hair yang sehari-harinya Kabid Penyuluhan Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (KBPKP) Batubara, penerima dana PUAP masih kurang karena ada 69 Gapoktan di Batubara.


Namun ditambahkannya, tahun ini pihaknya telah mengusulkan ke Deptan sebanyak 45 Gapoktan untuk memperoleh dana yang sama tahun 2010 nanti.
Mengenai tujuan apresiasi dikatakan Hair, sebagai pembekalan ilmu bagaimana dana yang diserahkan nantinya tepat sasaran dalam arti dapat meningkkatkan usaha anggota Gapoktan. Tujuan lain adalah meningkatkan kesejahteraan petani yang menjadi anggota.
Sementara, Ketua Tim PUAP Ir Riswan Simarmata M MA yang juga Kepala BPKP Batubara mengharapkan Gapoktan penerima dana dapat memanfaatkan dana sebaik-baiknya agar pada tahun mendatang lebih banyak lagi Gapoktan yang menerimanya.
Tampil sebagai narasumber pada acara tersebut Ketua Tim PUAP Sumatera Utara dari BPTP (Balai Penelitian Teknologi Pertanian) Wil I Medan DR. Tatang Ibrahim. (S20/i)