-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

13 October 2009

KBN Terus Dipadati Pencari Kerja

http://www.beritakota.co.id/berita/kota/16811-kbn-terus-dipadati-pencari-kerja.html

KBN Terus Dipadati Pencari Kerja
Selasa, 13 Oktober 2009 03:16
JAKARTA, BK
Hingga Senin (12/10) kemarin Kawasan Berikat Nusantara (KBN), Jakarta Utara masih didatangi sejumlah pendatang baru yang hendak mencari kerja. Mereka membentuk antrean di pelataran sejumlah perusahaan dengan semangat. Berbekal payung untuk menangkis sengatan sinar matahari, para pencari kerja yang didominasi kaum hawa tak mengenal lelah menempuh perjalanan cukup jauh dari satu perusahaan ke perusahaan lain.

Amel (23) yang sedang berjalan menuju salah satu perusahaan misalnya. Dia mengaku harus mencari kerja untuk memenuhi kebutuhan hidup di Jakarta. KBN adalah harapan satu-satunya mendapatkan keinginan itu. Berbekal payung dan surat lamaran kerja dia harus bersaing dengan pencari kerja lainnya.

"Namanya juga usaha, yah harus mau berkorban. Meski mengantre dan harus bersaing dengan pencari kerja lain yang mungkin lebih berpengalaman, saya akan tetap berjuang. Saya datang ke Jakarta untuk mencari kerja," tuturnya.

Diana ( (22) mengungkapkan pengakuan serupa. Menurut dia, dengan latarbelakang pendidikan minim, dirinya sangat bergantung mendapat pekerjaan di KBN. Sebagai pendatang baru dia sangat berharap salah satu perusahaan menerima dirinya.

"Saya datang dari Kebumen, Jawa Tengah pada Lebaran lalu. Tujuan saya untuk mencari pekerjaan di kawasan ini. Apa pun dan bagaimana pun susahnya, saya akan terus berjuang mendapatkan pekerjaan di Jakarta," imbuh wanita yang tinggal di rumah saudaranya di kawasan Tanjungpriok.

Pantauan Berita Kota, perusahaan yang dipenuhi para pencari kerja di antaranya PT Hua Sin Indonesia. Di perusahaan itu para mereka mengantre ketika memberikan surat lamaran dengan tertib. Mereka tampak akrab satu sama lain menunggu pengumuman sambil duduk di trotoar memegangi payung. O dra