-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

13 October 2009

Kembalikan Lahan Parkir Sebagai RTH

http://www.beritakota.co.id/berita/kota/16815-kembalikan-lahan-parkir-sebagai-rth.html

Kembalikan Lahan Parkir Sebagai RTH
Selasa, 13 Oktober 2009 03:18
JAKARTA, BK
Lahan fasilitas sosial dan umum (fasos/fasum) di depan Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat yang dimanfaatkan sebagai lahan parkir, diminta segera dikembalikan sebagai ruang terbuka hijau (RTH).

Demikian diungkapkan Walikota Djoko Ramadhan menindaklanjuti keluhan warga RW 01 Kelurahan Tanjungduren Selatan yang mengaku resah setelah lahan fasos/fasum itu berubah fungsi menjadi parkir yang diduga dikelola pengelola mal.

"Saya minta Sudin Pertamanan dan instansi terkait segera mengembalikan lahan fasos/fasum tersebut menjadi RTH dengan menanami pohon pelindung," tegas Djoko, Senin (12/10).

Lahan fasos/fasum seluas 4.000m2 dan 5000m2 itu, kata Djoko, selama ini memang dimanfaatkan sebagai lahan parkir. Selama ini pihaknya belum mengetahui masalah itu lantaran belum mendapat laporan secara lengkap. "Bukannya saya tidak merespons keluhan warga. Tapi semata-mata karena memang tidak mengetahui secara pasti. Yang jelas tidak ada aparat Pemkot Jakbar yang terlibat atas penyalahgunaan lahan tersebut. Bila ada aparat yang terlibat, segera laporkan. Saya akan tindak tegas," tegas Djoko.

Pengamatan Berita Kota, salah satu lahan fasos/fasum itu sudah belasan tahun dimanfaatkan pengelola Mal Taman Anggrek sebagai lahan parkir dengan menyewa salah satu operator perparkiran. "Sedang lahan lainnya, belum lama ini dicor semen. Selanjutnya akan digunakan sebagai lahan parkir khusus kendaraan roda empat. Kami menduga digunakan pengelola mal tersebut," ungkap warga yang enggan disebutkan namanya. O oan