-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

12 October 2009

Kenali Gizi Buruk Sejak Usia Balita

http://surabaya.detik.com/read/2009/10/11/104917/1219325/466/kenali-gizi-buruk-sejak-usia-balita

Minggu, 11/10/2009 10:49 WIB
Kenali Gizi Buruk Sejak Usia Balita
Fatichatun Nadhiroh - detikSurabaya



Pasien gizi buruk di RSD Soewandhie/File
Surabaya - Kasus gizi buruk seakan tidak ada habisnya di kota-kota metropolitan. Kemiskinan bukan satu-satunya penyebab kasus gizi buruk, namun faktor kebersihan lingkungan juga berpengaruh signifikan terhadap kesehatan masyarakat terutama balita.

"Gizi buruk itu merupakan kekurangan gizi yang disebabkan kekurangan asupan energi dan protein dalam jangka waktu lama. Biasanya bisa dikatakan gizi buruk bila berat badan dibandingkan umur tidak sesuai selama 3 bulan berturut-turut," kata Ahli Gizi RSD Soewandhie, Dewi Purwanti kepada detiksurabaya.com, Minggu (11/10/2009).

Dia menjelaskan, penyebab terjadinya gizi buruk ada yang berdampak langsung dan tidak langsung. Jika penyebab langsung karena penyapihan terlalu dini, asupan gizi terganggu karena kelainan bawaan dan kurangnya sumber energi.

Sedangkan penyebab tidak langsung yakni keluarga memiliki ekonomi lemah, pengetahuan dan perilaku gizi kurang dan lingkungan rumah kurang baik.

Bila dibiarkan, kata dia, dampak buruk pada balita dan anak-anak yakni pertumbuhan badan dan perkembangan mental lambat, mudah terjadi penyakit diare, ISPA hingga kematian bila tubuhnya sangat lemah.

"Sebaiknya ada penyuluhan atau petugas yang mampu menjelaskan cara pengolahan makanan yang sehat dan bergizi serta bervariasi dengan biaya terjangkau," tambahnya.

Sementara tipe gizi buruk antara lain marasmus, kwarsiorkor dan gabungan marasmus dan kwarsiorkor. Bila marasmus anak sangat kurus dengan bentuk wajah seperti orangtua, cengeng, rambur tipis, kusam, kulit keriput karena lemak kulit berkurang.

Sedangkan kwarsiorkor kedua punggung dan kaki bengkak, rewel, bercak merah kehitaman di pantat atau tungkai dan rambut tipis warna jagung dan saat dicabut tak ada keluhan rasa sakit.
(fat/fat)