-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

12 October 2009

Kondisi Pasien Gizi Buruk di RSD Soewandi Memprihatinkan

http://surabaya.detik.com/read/2009/10/10/135341/1219076/466/kondisi-pasien-gizi-buruk-di-rsd-soewandi-memprihatinkan

Sabtu, 10/10/2009 13:53 WIB
Kondisi Pasien Gizi Buruk di RSD Soewandi Memprihatinkan
Zainal Effendi - detikSurabaya



Rahmi pasien gizi buruk/Zainal Effendi
Surabaya - Kondisi Rahmi (11), pasien gizi buruk di RSD Soewandie hingga saat ini masih memprihatinkan. Pihak rumah sakit masih belum melakukan penanganan, karena pasien mengeluarkan cairan lendir berwarna hijau kehitaman dari mulut.

Hal ini diungkapkan ahli gizi RSD Soewandie, Dewi Purwanti saat dihubungi detiksurabaya.com, Sabtu (10/10/2009).

Dewi mengungkapkan, sampai saat ini anak pasangan Habibah dan Asma kondisinya masih lemah. Sehingga serangkaian tes kesehatan maupun foto rontgen untuk mengetahui apakah ada penyakit lainnya belum dilakukan.

"Sampai saat ini kita hanya bisa melakukan tindakan medis standart seperti memberikan infus, oksigen dan obat antibiotik serta kita juga terus menyedot cairan tersebut dengan harapan kita bisa segera melakukan tindakan medis lanjutan," jelasnya.

Wanita berkerudung ini memperkirakan cairan yang keluar disebabkan penyakit TBC paru dan TBC tulang. Dan keluarnya cairan tersebut juga diduga kuat akibat lambung pasien lama kosong. "Akhirnya pasien mengalami gangguan salurn pernapasan dan saluran pencernaan," imbuhnya.

Masih menurut Dewi, pihaknya saat ini pasrah dengan kondisi pasien yang seharusnya sudah duduk di kelas V sekolah dasar ini. Pasalnya tindakan medis lanjutan sudah dilakukan dengan memberikan asupan gizi namun kembali dimuntahkan oleh pasien.

"Padahal hari ini kita rencanakan akan dilakukan rontgen untuk mengetahui apakah ada penyakit lainnya. Tapi apa maui dikata kondisi pasien masih lemah sehingga saat ini langkah yang akan kita lakukan proses stabilisasi kondisi," harapnya.

Sebelumnya Rahmi datang ke RSD Soewandie kemarin, Jumat (9/10/2009) dengan keluhan sesak napas. Namun setelah dilakukan tindakan medis lanjutan, pihak rumah sakit memvonis pasien menderita gizi buruk marasmus (kekurangan kalori).
(ze/bdh)