-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

09 October 2009

Masalah Raskin, Camat Ditegur

http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2009/10/07/masalah-raskin-camat-ditegur

Masalah Raskin, Camat Ditegur

Oktober 7, 2009 - 18:04
Kategori Berita Terkini, Daerah

SERANG (Pos Kota) – Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Sosial dan Tenaga Kerja (Disdukcapilsosnaker) Kota Serang, Akhman Sardjito menegaskan, pihaknya sudah tiga kali mengirimkan surat teguran kepada Camat Curug, Suherman, akibat permasalahan yang terjadi dalam hal penyaluran raskin (beras untuk rakyat miskin) di wilayah tersebut.

Akhman menuturkan, dari alokasi sebanyak 504,180 ton raskin untuk Kecamatan Curug pada tahun ini, hingga bulan September, baru terserap 52,5 ton atau hanya  11 persen saja. Angka ini adalah yang terendah ketimbang 5 kecamatan lain yang ada di Kota Serang dengan daya serap raskin diatas 60 persen.

"Setelah kami teliti, permasalahannya terjadi di pihak kecamatan. Entah ada apa. Yang jelas, selaku pihak berwenang kami sudah mengirimkan teguran kepada camat agar mempercepat proses pendistribusian raskin bagi penerima di wilayah tersebut," Akhman kepada wartawan, Rabu (7/10).

Terkait adanya dugaan penyusutan alokasi raskin hingga ke tingkat desa, Akhman mengaku belum mendapat laporan secara tertulis. Dikatakan, selama tahun ini, pihaknya sudah tiga kali menggelar rapat koordinasi dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre Serang terkiat penyaluran raskin.

"Saat rapat itulah kami evaluasi, dimulai dari tata cara distribusi, kualitas beras, hingga indikasi penyusutan, atau bahkan modus pergantian karung," kata Akhman.

Saat dikonfirmasi, Camat Curug Suherman tidak mau memberikan komentar. Dia hanya meminta wartawan untuk menghubungi orang bernama Lukman terkait hal itu. "Silakan hubungi Pak Lukman, dia yang mengurusi raskin," singkat Suherman, tanpa menyebutkan jabatan Lukman di struktur Kecamatan Curug, berserta nomor telepon yang bisa dihubungi. (haryono/B)