-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

08 October 2009

Meski Dapat Perlawanan, Puluhan Rumah di Cacing Tetap Dibongkar

http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2009/10/08/meski-dapat-perlawanan-puluhan-rumah-di-cacing-tetap-dibongkar

Meski Dapat Perlawanan, Puluhan Rumah di Cacing Tetap Dibongkar

Oktober 8, 2009 - 7:35
Kategori Berita Terkini, Jakut, Kriminal dan Hukum

CILINCING (Pos Kota)-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Utara dibantu anggota Polres Jakarta Utara dan TNI hari ini sekitar Pukul 08:00 WIB akan membongkar puluhan kios, rumah semi permanen dan rumah permanen di Kampung Kandang, Jalan Raya Cacing, tidak jauh dari KBN Cakung.

Namun seperti diberitakan sebelumnya rencana eksekusi ini diwarnai aksi penyanderaan dan bakar-bakar oleh ratusan warga yang menolak digusur.Bahkan warga yang menolak untuk digusur semakin beringas. Mereka terus membakar apa saja yang ada di tengah jalan raya.

Selain menyebabkan kemacetan, pembongkaran bangunan tersebut juga menjadi aksi tontonan ratusan warga terutama pengguna jalan.      Akibatnya, jalur dua arah yakni menuju arah Cilincing-Cakung ataupun dari arah sebaliknya macet total hingga sepanjang 2 Km.

Sekitar 80-an bangunan liar berupa rumah semi permanen  dan permanen ini akan dibongkar paksa oleh Satpol PP yang sudah siap dengan lengkapan senjata seperti dopi (tameng).       "Semuanya hari ini kita bongkar," ungkap Yusmin, Kasie Ketertiban Masyarakat Satpol PP Jakarta Utara, Kamis (8/10).

Dia menambahkan, pihaknya sebelumnya sudah melakukan sosialisasi kepada pemilik penghuni yang selama ini tinggal di atas tanah negara yang masih dalam kondisi sengketa.

"Kita sudah minta mereka untuk mengosongkan tempat sejak beberapa pekan lalu," ungkapnya juga mengatakan lokasi yang dibongkar saat ini memang titik kemacetan.

Sementara itu, Tarji, 45, salah satu warga yang rumah tinggalnya juga dibongkar mengaku sudah puluhan tahun tinggal di kawasan itu, sehingga dia menolak dan bertekad mempertahankan rumahnya.(hasan/B)