-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

13 October 2009

Pabrik Ban Ludes Terbakar

http://www.beritakota.co.id/berita/bodetabek/16797-pabrik-ban-ludes-terbakar.html

Pabrik Ban Ludes Terbakar
Selasa, 13 Oktober 2009 02:57
BOGOR, BK
Pabrik ban milik PT Tulus Tbk di Desa/Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, terbakar, Senin (12/10). Dalam peristiwa itu bangunan pabrik dan gudang serta lebih dari 50 ton ban senilai miliaran rupiah menjadi arang.

Berdasarkan informasi, kebakaran yang melanda pabrik ban itu pertama kali diketahui oleh Zaeni (34), karyawan pabrik. Pagi itu, sekitar pukul 05.00, ia melihat percikan api di dalam gudang. Tak lama kemudian muncul kepulan asap membumbung ke atas atap. "Saya kaget karena kepulan asap diikuti kobaran api yang cepat membesar dan menjalar ke dalam pabrik," ujarnya.

Melihat api terus menjalar, Zaeni langsung memberitahukan kepada petugas keamanan pabrik yang dilanjutkan ke petugas pemadam kebakaran. Sekitar 30 menit kemudian petugas pemadam kebakaran datang. Pemadaman api berlangsung cukup lama karena api sudah membesar dan membakar semua isi pabrik ban tersebut.

Para petugas pemadam kebakaran dari Kabupaten/Kota Bogor kewalahan memadamkan api karena angin berhembus kencang. Selain itu, banyak karet bahan baku ban terbakar, sehingga sulit dipadamkan. Petugas pemadam kebakaran dibantu warga baru bisa memadamkan api pukul 08.00.

Menurut Kapolsek Gunungputri AKP Fathoni Riza kebakaran ini diduga akibat hubungan listrik jarak pendek (konsleting) di gudang penyimpanan ban. "Kami masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut. O sid