-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

08 October 2009

Pabrik ’Spare Part’ Terbakar

http://www.beritakota.co.id/berita/bodetabek/16171-pabrik-spare-part-terbakar.html

Pabrik 'Spare Part' Terbakar
Senin, 05 Oktober 2009 00:00
Pabrik suku cadang sepeda motor dan mobil di Cikupa, Kabupaten Tangerang, terbakar. Pengusaha menderita kerugian miliaran rupiah. Di Serang, seorang pria tewas dengan luka bakar akibat kesetrum.

KEBAKARAN besar melanda pabrik suku cadang (spare part) kendaraan bermotor milik PT Takagi Sari Multi Utama (TSMU) yang berlokasi di Jl Industri Raya Blok AF No 5, Cikupa, Kabupaten Tangerang, Sabtu (3/10) malam. Musibah itu mengakibatkan sebagian gedung pabrik berikut barang-barang di dalamnya hangus.

Dampak lain, aktivitas produksi suku cadang sepeda motor dan mobil juga terganggu. Sebab, peralatan produksi yang biasa dioperasikan para karyawan rusak dan hangus.

Meski kebakaran terjadi pada saat karyawan sedang kerja lembur, namun musibah tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Para karyawan berhasil menyelamatkan diri ketika api mulai berkobar. Meski demikian, kerugian material yang dialami pihak perusahaan mencapai miliaran rupiah.

Sejauh ini penyebab pasti kebakaran tersebut belum diketahui dan masih diselidiki aparat kepolisian. Namun, ada dugaan akibat hubungan arus listrik jarak pendek (korsleting).

Berdasarkan keterangan yang dihimpun Berita Kota, kebakaran yang sempat membuat para karyawan panik itu terjadi pukul 19.30. Malam itu seorang karyawan pabrik melihat api berkobar di salah satu ruangan pabrik. Sebelum mencoba memadamkan api, karyawan itu memberitahu rekan-rekannya. Itu sebabnya, seluruh karyawan langsung berhamburan ke luar pabrik untuk menyelamatkan diri serta barang-barang yang mudah diangkut.

Namun, dalam sekejap api membesar dan membakar pabrik beserta barang-barang di dalamnya. Api cepat membesar karena di dalam pabrik banyak terdapat bahan dari plastik yang mudah terbakar.
Petugas pemadam kebakaran langsung datang ke lokasi kejadian. Namun, kobaran api baru bisa dijinakkan dan dipadamkan dua jam kemudian setelah petugas pemadam kebakaran mengerahkan 12 unit mobil pemada ke lokasi kebakaran.

Menurut Kapolsek Metro Cikupa AKP Yuli Heryudo, kebakaran itu diduga akibat hubungan arus listrik jarak pendek. "Namun, untuk memastikannya penyebab kebakaran, petugas Puslabfor Mabes Polri masih menyelidikinya," ujar Heryudo.

Di tempat terpisah, Ujang Nurjaman (48), warga Lingkungan Pasar RT 04/03, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Serang, Serang, tewas dengan luka- bakar serius akibat tersengat listrik ketika memindahkan antena televisi, Minggu (4/10) siang. Dalam peristiwa itu, Suryadi (40), rekan Ujang yang membantu memindahkan antena, kritis. Pria warga Lingkungan Tanggul, Kelurahan Cimuncang, Serang, ini juga menderita luka bakar stadium lanjut, sehingga harus dirawat di RSUD Serang.

Peristiwa naas yang terjadi di Lingkungan Pasar RT 03/03, Kota Serang, ini bermula saat kedua pria diminta tolong memindahkan tiang antena televisi oleh Erni, kerabat Ujang. Ketika digotong, tiang antena dari besi menyentuh kabel listrik yang diduga kulitnya terkelupas, sehingga aliran listrik langsung menyetrum Ujang. O sum/dam