-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

09 October 2009

Pascalebaran Jumlah Pencaker Melonjak

http://www.beritakota.co.id/berita/bodetabek/16516-pascalebaran-jumlah-pencaker-melonjak-.html

Pascalebaran Jumlah Pencaker Melonjak
Jum'at, 09 Oktober 2009 06:46
DEPOK, BK
Pasacalebaran jumlah pencari kerja (pencaker) di Kota Depok mengalami lonjakan. Indikasinya, selama dua pekan setelah Hari Raya Idul Fitri 2009 pemohon kartu kuning di Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok mencapai 400 orang per hari, padahal biasanya hanya 500 orang per bulan.

Menurut Kepala Bidang Pelatihan Produktivitas dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnarkersos) Kota Depok Sony Triyarmin, Kamis (8/10), peningkatan jumlah pemohon kartu kuning seiring dengan penerimaan calon pegawai negeri sipil (PNS). Pemohon kartu kuning diperkirakan akan terus meningkat mengingat Disnakersos akan mengadakan bursa kerja online mulai Desember 2009.

"Salah satu keuntungan pembuat kartu kuning yang ikut bursa kerja online, mereka terdaftar di bursa kerja nasional," ujar Sony.

Untuk mengurangi pencaker di Kota Depok, selain membuka bursa kerja pihaknya juga akan memberi pelatihan yang programnya setiap tahun berbeda. "Tahun ini program yang kami untuk meningkatkan kualitas pencari kerja. Pesertanya diutamakan lulusan SMA dan memiliki minat dan keterampilan, di antaranya pelatihan otomotif yang diikuti 40 peserta dan komputer 50 orang," terangnya.

Pelatihan otomotif dan komputer berlangsung 12 hari dengan peserta usia 18 hingga 36. "Dengan mengikuti pelatihan, kami berharap mereka bisa membuka usaha kecil-kecilan, seperti reparasi (servis) handphone," kata Sony. O jay