-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

13 October 2009

Pedagang Senen Tolak Peremajaan

http://www.beritakota.co.id/berita/kota/16716-pedagang-senen-tolak-peremajaan-.html

Pedagang Senen Tolak Peremajaan
Senin, 12 Oktober 2009 00:00
JAKARTA, BK
Sebanyak 400 pedagang Pasar Proyek Senen di Jakarta Pusat yang menempati Blok V, menolak rencana peremajaan pasar. Mereka menilai harga sewa kios terlalu mahal.

Ketua Forum Komunikasi Pedagang Proyek Senen (FKPPS) Blok V Guntur Napitupulu, Minggu (11/10) mengatakan, para pedagang merasa tidak mampu pindah ke Blok IV karena harga yang ditawarkan terlalu tinggi. "Pedagang lama terancam dengan pedagang baru yang bermodal besar. Biaya sewa antara Rp240 juta sampai Rp1 miliar yang berlaku sampai 20 tahun. Pembayarannya memang dicicil selama tiga tahun. Bila semahal itu, tentu saja pedagang bermodal besar saja yang mampu membayar," kata Guntur.

Menurut Guntur, dari surat edaran yang dikirimkan PT Jaya Real Property (BUMD Pemprov DKI Jakarta), ratusan pedagang dipaksa hengkang dari lokasi mereka berdagang sebelum 31 Januari 2010 mendatang.

" Kami ingin tetap bertahan di lokasi lama. Kami setuju renovasi dilakukan namun bertahap. Selain itu, kami juga meminta harga sewa tidak berubah," pintanya.

Ayung, salah seorang pedagang mengatakan, mereka tidak bisa dipaksa pindah ke kawasan baru. "Kami tahu aturan dan paham akan hak maupun kewajiban sebagai pedagang. Kami akan melakukan perlawanan bila aparat itu memaksa untuk pindah," ungkapnya.
 
Ia mengatakan, pada prinsipnya pedagang mendukung langkah pemerintah membangun kembali pasar tersebut, dengan harapan di kawasan baru akan lebih baik. Dia dan rekan-rekannya akan tetap bertahan dan tidak akan pindah sebelum ada kesepekatan dengan pengembang mengenai nasib mereka.

Guntur menambahkan, dalam waktu dekat pedagang akan mengadukan masalah ini kepada Wali Kota Jakarta Pusat, Gubernur DKI, dan DPRD. "Segala upaya kami tempuh agar dapat tetap bertahan di pasar ini," pungkasnya. O nga