-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

08 October 2009

Pemkot Tangerang Bangun 1.000 Posyandu Plus Fasilitas

http://www.beritakota.co.id/berita/bodetabek/16173-pemkot-tangerang-bangun-1000-posyandu-plus-fasilitas-.html


Pemkot Tangerang Bangun 1.000 Posyandu Plus Fasilitas
Senin, 05 Oktober 2009 00:00
LANTARAN terbentur pengadaan lahan, pembangunan 1.000 unit Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Kota Tangerang akan dilakukan secara bertahap. Kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang membangun Posyandu yang dicanangkan Walikota Drs H Wahidin Halim pada 2008 itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sejak usia di bawah lima tahun (balita) sampai dewasa dan berumah tangga hingga lanjut usia (lansia).

BK/SUMBER GINTING
GENDONG BALITA: Walikota Tangerang H Wahidin Halim sedang menggendong balita seusai meninjau kegiatan di salah satu Posyandu, akhir pekan lalu. Secara bertahap Pemkot Tangerang akan membangun 1.000 unit Posyandu, 100 unit di antaranya telah dimanfaatkan masyarakat.

Kepada wartawan akhir pekan lalu, Wahidin mengatakan, sejak awal 2009 telah dibangun 100 unit Posyandu. Seluruh Posyandu yang tersebar di wilayah Kota Tangerang itu dilengkapi berbagai fasilitas, seperti kantor, alat penimbangan balita, konsultasi, perbaikan gizi, imunisasi, pendidikan anak usia dini (PAUD), dan kegiatan lansia.

Wahidin berharap, selain sebagai pos kesehatan anak-anak balita, Posyandu juga diharapkan menjadi wadah interaksi antarwarga. "Karena dilengkapi dengan kantor, posyandu harus difungsikan sebagai pusat kegiatan masyarakat (community center), baik kegiatan menyangkut masalah pendidikan, kesehatan, maupun tempat musyawarah para warga sekitar," ujarnya.

Dengan dibangunnya kantor Posyandu, menurut adik kandung Menteri Luar Negeri (Menlu) Hasan Wirayuda itu, para pengurus Posyandu bisa lebih baik lagi dalam membangun hidup sehat masyarakat sejak dini. Pengurus juga diharapkan makin memperhatikan kesehatan balita di wilayahnya. Di kantor Posyandu pula para pengurus bisa membahas berbagai masalah, terutama yang menyangkut kesehatan dan gizi bayi.

"Untuk biaya operasional dan sebagai bentuk penghargaan kepada para kader Posyandu yang telah ikut berperan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, pemerintah daerah akan memberi mereka insentif Rp500 ribu per bulan," jelasnya.

Disebutkan, pembangunan berbagai bidang di Kota Tangerang, setelah dunia pendidikan, sektor kesehatan yang menyentuh masyarakat miskin menjadi prioritas kedua. O sum