-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

08 October 2009

Puskesmas Butuh Klinik Gizi

http://www.beritakota.co.id/berita/bodetabek/15898-puskesmas-butuh-klinik-gizi.html

Puskesmas Butuh Klinik Gizi
Kamis, 01 Oktober 2009 04:17
LEBAK, BK
Hampir seluruh Puskesmas di Kabupaten Lebak tidak memiliki klinik gizi. Padahal, angka penderita gizi buruk dan/atau gizi kurang di wilayah tersebut masih tinggi.

Menurut Kepala Puskesmas Cimarga Ari Rahayu, Rabu (30/9) siang, untuk mengatasi penderita gizi buruk secara maksimal pihaknya membutuhkan klinik khusus gizi di puskesmas. Fasilitas itu, katanya, untuk merehabilitasi penderita gizi buruk.

Berdasarkan pengalaman ketika mengikuti pembekalan di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Gizi di Bogor bersama lima kepala puskesmas di Kabupaten Lebak, beberapa waktu lalu, kata Ari, klinik gizi sangat penting. "Sebab, untuk merehabilitasi atau mengobati penderita gizi tak cukup hanya dengan penyuluhan, namun juga tindakan medis yang tepat dengan memberi asupan gizi seimbang disertai kontrol delapan kali pertemuan," jelasnya.

Dikatakan, anggaran dana paling besar dalam penanganan gizi buruk adalah untuk pembelian susu yang diberikan dalam setiap kali pertemuan. Untuk itu, diperkirakan dibutuhkan dana mencapai Rp21 juta.

Ari berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak bisa memberi solusi atas persoalan tersebut dengan memberikan anggaran dana kesehatan khusus gizi yang maksimal. "Proposalnya telah kami buat dan akan kami sampaikan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak Maman Sukirman mengatakan, pemerintah daerah hanya memiliki anggaran untuk program penyuluhan gizi. Sebab itu, anggaran untuk pembuatan klinik gizi di setiap puskesmas belum ada. "Namun, kami akan menindaklanjuti usulan ini," tukasnya. O sep