-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

12 October 2009

RSD Soewandhie Rawat Dua Pasien Gizi Buruk

http://surabaya.detik.com/read/2009/10/09/154048/1218721/466/rsd-soewandhie-rawat-dua-pasien-gizi-buruk


Jumat, 09/10/2009 15:40 WIB
RSD Soewandhie Rawat Dua Pasien Gizi Buruk
Zainal Effendi - detikSurabaya



Rahmi pasien gizi buruk/Zainal Effendi
Surabaya - Kasus gizi buruk atau marasmus kwashiorkor seakan tidak ada habisnya. Terbukti, dua penderita gizi buruk dirawat di RSD Soewandhie Surabaya, Jumat (9/10/2009).

Satu anak perempuan bernama Rahmi berusia 11 tahun asal Blega, Madura. Sedangkan seorang lagi balita bernama Selviani umur 21 bulan warga Bulak Banteng Gang Patriot 4/6 Surabaya.

"Rahmi masuk ke RSD Soewandhie sekitar pukul 14.00 WIB dalam kondisi litargis (kehabisan tenaga)," kata ahli gizi RSD Soewandie, Dewi Purwanti kepada detiksurabaya.com di ruang Irna Anak, Jalan Tambak Rejo.

Dari pantauan detiksurabaya.com, anak pasangan Habibah dan Asma yang seharusnya sudah sekolah SD kelas 5 itu hanya diam tak bergerak. Selama di ranjang, Rahmi yang mengenakan kaos merah muda dan diselimuti kain jarit hanya tergolek lemah tidak berdaya. Perawat pun langsung memasang alat bantu pernafasan.

Menurut orangtua Rahmi, Habibah, sebelumnya anak ketiganya saat usia 1 tahun sering sakit dan pernah dirawat di RSU dr Soetomo. "Ya awalnya sering sakit lalu sering kejang dan tidak mau makan. Selama ini hanya obat jalan. Saya tidak tahu kalau anak saya terkena gizi buruk. Tadi saya bawa ke sini karena sesak napas," katanya dengan mata berkaca-kaca.

Sementara bayi yang dirawat bernama Selviani (21 bulan) putir pasangan Abdul Azis dan Ruslah dirawat di rumah sakit dengan keluhan mencret dan dehidrasi. "Kalau yang bayi Selvi sudah mulai membaik bahkan sudah bisa duduk dan menangis. Pasien masuk dini hari tadi tepatnya pukul 02.00 WIB," imbuh Dewi.

(ze/fat)