-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

08 October 2009

Satpol PP Segel Pembangunan Tangkuban Perahu

http://news.okezone.com/read/2009/10/08/340/263855/satpol-pp-segel-pembangunan-tangkuban-perahu

Satpol PP Segel Pembangunan Tangkuban Perahu

Kamis, 8 Oktober 2009 - 14:55 wib
Reni Susanti - Okezone

BANDUNG - Hampir seratus anggota Satpol PP Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang dan Provinsi Jawa Barat, menyegel pembangunan di Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu yang dilakukan PT PT Graha Rani Putra Persada (GRPP).

"Sesuai dengan SK Gubernur No 912/Kep.1478-Hukham/2009, seluruh pembangunan yang dilakukan GRPP diberhentikan sementara hingga perizinan dilakukan dengan benar," ujar Plt Kepala Satpol PP Jabar Moch Hidayat di lokasi kejadian, Kamis (8/10/2009).

Selama pembangunan diberhentikan, seluruh pengelolaan secara otomatis dilakukan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jabar. Itu berarti, wisatawan tetap bisa menikmati Tangkuban Perahu.

Dari informasi yang diperolehnya, PT GRPP sudah melakukan penetrasi jalan, pemagaran bibir kawah, pembangunan mushola, dan taman budaya. Untuk semua kegiatan yang masih berlangsung harus dihentikan untuk semantara.

"Untuk pengawasan, kita akan dibantu Camat Lembang dan Camat Jalan Cagak," ujar Hidayat. Camat ini akan memberikan laporan ke bupati dan gubernur. Jika ada pelanggaran, akan ditindak lebih lanjut.

Selain camat, pihaknya  akan menurunkan petugas Satpol PP dan melakukan pengamanan secara tertutup. Yakni petugas tidak akan bersiaga di lapangan, namun melakukan pengecekan setaip harinya.

Pantauan okezone sejak pukul 10.00 WIB, petugas mulai berdatangan di Tangkuban Perahu. Mereka baru bergerak sekitar pukul 12.30 WIB dengan melakukan pertemuan tertutup di lokasi. Setelah pertemuan usai, petugas memasang dua buah spanduk bertuliskan Pembangunan Kawasan Tangkuban Perahu dihentikan sementara.  Meski spanduk sudah terpasang, kegiatan pembangunan masih tetap berlangsung. (teb)