-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

07 October 2009

Sejumlah Negara Puji Indonesia Atasi Kemiskinan

http://beritasore.com/2009/10/06/sejumlah-negara-puji-indonesia-atasi-kemiskinan/

Sejumlah Negara Puji Indonesia Atasi Kemiskinan

Sel, Okt 6, 2009

Nasional

Denpasar ( Berita ) :  Sejumlah negara di belahan dunia memuji upaya Indonesia dalam mengatasi masalah kemiskinan, terutama dalam menyalurkan beras tepat sasaran untuk warga masyarakat yang kurang mampu.

"Malaysia dan 16 negara lainnya ingin mempelajari cara dan upaya yang ditempuh Indonesia dalam mengatasi kemelaratan," kata Direktur Utama Badan Urusan Logistik (Bulog) Dr Mustafa Abubakar di Denpasar, Selasa [06/10].

Pada pertemuan regional program beras miskin (Raskin) yang melibatkan 100 peserta utusan dari delapan provinsi di Indonesia, ia mengatakan, sejumlah negara lain menilai Indonesia cukup sukses dalam membantu dan menyalurkan raskin bagi warga yang melarat.

"Utusan dari 16 negara lain itu, dalam waktu dekat akan melakukan studi banding ke Indonesia untuk melihat dari dekat penyaluran beras kepada masyarakat yang membutuhkan dengan tetap sasaran," kata Mustafa tanpa merinci negara dimaksud.

Mustafa menjelaskan, pagu program nasional tahun 2009 sebanyak 3.329.514 ton dengan sasaran penerima 18.497.302 rumah tangga miskin tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

Program tersebut berlangsung selama 12 bulan, masing-masing kepala keluarga (KK) menerima 15 kg beras dengan harga Rp1.600/kg pada titik distribusi, yakni di tingkat dusun dan desa.

Mustafa menambahkan, realisasi penyaluran tersebut hingga akhir September 2009 sebesar 2.330.275 ton atau 69,99 persen.

Realisasi penyaluran raskin tertinggi periode Januari-September 2009 diraih oleh Yogyakarta, menyusul Jawa Tengah, Gorontalo, Lampung, Riau, Bangka Belitung, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.

Sementara realisasi penyaluran terendah terdapat di Provinsi Banten, Papua dan Maluku. Ketiga daerah tersebut menghadapi kendala, terutama terkait masalah geografis, ucapnya. ( ant )