-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

06 October 2009

Si Jago Merah Lumat Toko Cat

http://www.beritakota.co.id/berita/kota/16165-si-jago-merah-lumat-toko-cat.html

Si Jago Merah Lumat Toko Cat
Senin, 05 Oktober 2009 00:00
JAKARTA, BK
Musibah kebakaran kembali melanda Jakarta Barat. Setelah puluhan rumah hangus terbakar saat Lebaran lalu, kali ini si jago merah kembali melahap sebuah toko cat yang terletak di Jl Srengseng Raya, RT 06/05, Kelurahan Srengseng. Meski tidak ada korban jiwa. Namun kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Menurut Yayat (39), warga setempat, musibah kebakaran yang terjadi di toko cat yang juga dijadikan hunian itu, terjadi sekitar pukul 09.30, Minggu (4/10). Kuat dugaan api pertama kali berasal dari hubungan arus pendek listrik dari dari gudang yang selama ini dijadikan tempat penyimpanan cat dan tiner. Sehingga api dengan mudah berkobar dan melumat seluruh isi gudang.
 
"Saat api berkobar hebat, warga sudah berusaha sekuat tenaga memadamkan api dengan cara alakadarnya. Namun kobaran api kian membesar. Apalagi di dalam gudang terdapat cat dan tiner yang mudah terbakar. Sehingga api sulit dipadamkan dan kian membesar," ujar Yayat.

Tak lama kemudian, 12 unit mobil pemadam kebakaran dari Sudin Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Pemkot Jakbar tiba di lokasi. Petugas dibantu warga langsung berjibaku memadamkan api. Satu jam kemudian, api bisa dipadamkan. "Beruntung petugas cepat datang. Jika tidak, api akan merembet ke rumah warga," katanya.

Di tempat terpisah, sehari sebelumnya, sebuah Spa dan Karaoke Delta, di Jl Arteri Pondokindah, Jakarta Selatan juga terbakar. Meski tidak ada korban jiwa dan hanya menderita ratusan juta rupiah, sejumlah pengunjungnya panik.
 
Berdasarkan keterangan yang berhasil dihimpun, api pertamakali berkobar pada pukul 06.00 yang berasal dari dapur di lantai V dan merembet ke lantai VI. Sebanyak 23 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. O oan/brn