-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

09 October 2009

Tak Bawa KTP, Puluhan Warga Terjaring Operasi

http://www.beritakota.co.id/berita/bodetabek/16519-tak-bawa-ktp-puluhan-warga-terjaring-operasi.html

Tak Bawa KTP, Puluhan Warga Terjaring Operasi
Jum'at, 09 Oktober 2009 06:48
BEKASI, BK
Puluhan warga yang tidak memiliki atau membawa kartu tanda penduduk (KTP) terjaring operasi yustisi yang digelar petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi, Kamis (8/10). Mereka didenda Rp10 ribu hingga Rp50 ribu dalam sidang tindak pidana ringan (tipiring) yang dilangsungkan di lokasi razia.

BK/ERICKMAN MANURUNG
DIADILI: Seorang wanita diadili dalam sidang tindak pidana ringan (tipiring) lantaran tidak membawa KTP saat terjaring operasi yustisi di depan Kantor Camat Mustikajaya, Kota Belasi, sepulang dari menjemput anaknya sekolah, Kamis (8/10). Ia dan warga lainnya yang juga tidak membawa KTP didenda Rp10 ribu hingga Rp50 ribu.

Sejumlah warga yang terjaring operasi itu mengaku tidak menyangka akan diadili dalam sidang tipiring gara-gara tak membawa KTP. Di antara mereka mengaku masa berlaku KTP-nya sudah berakhir. "Saat lewat depan kantor kecamatan saya langsung dihentikan. Karena KTP sudah mati, saya diminta ikut sidang. Akhirnya didenda Rp20 ribu. Denda itu sangat terasa, karena saya cuma buruh. Akhirnya saya pulang untuk pinjam uang," aku Mansur kepada Berita Kota.

Sementara Muh Ibrohim mengaku kaget saat perjalanannya dihentikan lalu disidang. Namun, ia dibebaskan oleh hakim tunggal karena masa berlaku KTP-nya masih dua hari.

Menurut Kepala Bidang Pengembangan Proyeksi Kebijakan Kependudukan Kota Bekasi Cecep Suherlan kepada Berita Kota, operasi itu sebagai upaya menyadarkan warga yang tidak memiliki KTP agar segera mengurusnya. Sebab, pengurusan KTP di Kota Bekasi gratis. "Daripada terjaring operasi lalu didenda, lebih baik mengurus KTP secara gratis," kata Cecep seraya menambahkan, Disdukcapil akan menggelar operasi di berbagai lokasi.

Ihwal adanya anggapan mengurus KTP sulit dan berbelit, menurut Cecep, asal persyaratannya lengkap dan tidak ada masalah, mengurus KTP pasti mudah dan cepat. Apalagi jika mengurus KTP progresif dengan biaya Rp100 ribu, katanya, pasti lebih cepat lagi. "Kalau ada yang merasa dipermainkan oleh petugas, segera laporkan kepada kami agar diambil tindakan," tandas dia. O hem