-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

08 October 2009

Wanita Gepeng Melahirkan di Teras Ruko Sendirian

http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=26&jd=Wanita+Gepeng+Melahirkan+di+Teras+Ruko+Sendirian&dn=20091007203219

Wanita Gepeng Melahirkan di Teras Ruko Sendirian
Oleh : Redi Mulyadi | 08-Okt-2009, 00:48:28 WIB

KabarIndonesia - Kota Tasik, Selasa pagi (6/10) kemarin, warga s kampung Nangka RT.02/13 kelurahan kecamatan Mangkubumi kota Tasikmalaya dihebohkan dengan adanya seorang wanita gepeng (gelandangan-pengemis), yang melahirkan bayi perempuan di teras sebuah ruko milik H.Khoer, tak jauh dari persimpangan jalan Situgede - jalan Cukurubuk 
   
Keterangan yang diperoleh KabarIndonesia menyebutkan, bahwa bayi yang dalam kondisi sehat dengan berat 3,6 kg dan panjang 50 cm itu kini dirawat keluarga Tono (52) yang rumahnya di persimpangan jalan. Sementara itu si ibu bayi yang diperkirakan berusia sekitar 35 tahun, langsung dibawa ke RSU Tasikmalaya untuk dirawat lebih lanjut.
    
Sebelumnya, selama sekitar setengah jam perempuan yang diduga menderita gangguan jiwa itu hanya tergolek di teras ruko, dan menjadi tontotan mengibakan warga. 
   
Tono yang sehari-harinya jualan es kelapa muda itu menuturkan, sekitar pukul 04.00 ia seperti biasa mempersiapkan dagangannya di halaman rumah. "Saat itulah saya melihat ada perempuan gelandangan yang tengah hamil tua terbaring di teras ruko. Karena merasa kasihan, saya dekati dan ia ternyata baik-baik saja. Istri saya diberitahu dan diminta berjaga-jaga," ujarnya.
  
Sekitar pukul 08.00, seseorang mendatangi rumah Tono untuk memberitahu ada perempuan melahirkan. Tono sempat terkejut dan segera menyuruh istrinya, Ny.Juju Juariah, duluan melihat. "Saya langsung menuju ruko dan mendapati bayi sudah lahir tergeletak begitu saja di atas teras dekat kaki si ibunya. Tapi ari-arinya masih tersambung," tutur Juju.
   
Ny.Juju lantas memanggil kakak kandungnya, Kuyu Suryana, yang juga ketua RT setempat, sekalian disuruh membawa gunting. Dengan hati-hati Kuyu memutus tali ari-ari. Setelah itu, Ny.Juju membawa bayi malang itu ke rumahnya untuk dibersihkan dan dirawat lebih lanjut.
    
Sementara itu, Ny.Juju menyatakan akan merawat baik-baik bayi tersebut, dan bahkan untuk dijadikan anak angkat delapan anak mereka, dua di antaranya juga anak angkat, menyetujui keputusan kedua orang tua mereka. 
  
Setelah sempat dibawa ke klinik bersalin terdekat untuk diperiksa kesehatannya, keluarga besar Tono ini memberi nama bayi, yakni Salsa Rizki Aulia. "Pemberian nama sesuai dengan parasnya yang cantik. Semoga saja bayi yang akan kami jadikan anak ini membawa berkah dunia akhirat," kata Ny.Juju mantap.