-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

10 January 2006

200 TKW Panca Mega Bintang Bekasi Ngamuk

TEMPO Interaktif
10 Januari 2006

Bekasi: 200 tenaga kerja wanita (TKW) kabur dari penampungan PT Panca Mega Bintang di Kampung Ciketing Udik, Desa Mustika Jaya, Bantargebang, Bekasi. Insiden ini dipicu oleh petugas yang hendak memeriksa telepon genggam bawaan TKW. Mereka menolak.

Kemarahan ratusan TKW ini dengan melampiaskannya melempari pos Satpam hingga kaca kantor itu berantakan. Mereka meloloskan diri setelah melepas gerendel pintu gerbang. Petugas Polsek Bantargebang yang datang ke lokasi berupaya menenangkan para TKW yang masih berada di dalam.

Beberapa TKW dimintai keterangan termasuk pengurus PT Panca Mega Bintang selaku perusahaan yang memberangkatkan para calon TKW. Kaum hawa yang kabur semalam sudah tak ada di lokasi. "Kami ini baru mengantar tiga bis untuk pulang ke Jawa lewat Cibitung,"kata petugas Polsek Bantargebang, Selasa (10/1).

Menurut N. Wati, TKW yang akan pulang ke Makassar, peristiwa itu terjadi Senin malam saat para TKW yang membawa telepon genggam diperiksa satu persatu dan disuruh naik ke lantai tiga. Saat itu, seorang guru pengajar meminta agar petugas tidak melakukan pemeriksaan karena malam takbiran.

Ucapan sang guru tak diindahkan, akibatnya ratusan TKW berang. Mereka turun dari lantai III menyerbu pintu gerbang membuat para Satpam yang ada di lokasi kebingungan. Wati bersama 20 orang tetangganya ikut menjadi TKW, namun sudah dua bulan di sana belum juga diberangkatkan ke tujuan sehingga ia memilih pulang ke kampung saja.

Menurut Misem, para TKW tak diperkenankan keluar penampungan. "Saya beli makanan saja lewat bolongan pagar. Ada kejadian ini saja kami bisa keluar sebentar,"katanya.

Riski Azis, Satpam setempat menyatakan, para TKW itu cuti dan bukan melakukan unjuk rasa. "Mereka ada yang sebentar dipenampungan ada juga yang lama tergantung permintaan dari pemesan. Para TKW ini akan di kirim ke Hongkong, Taiwan, Malaysia, Singapura sebagai pembantu rumah tangga,"katanya. Jumlah TKW seluruhnya sekitar 1.200

Siswanto