-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

27 March 2008

Penderita Gizi Buruk di Bone Meninggal


Liputan6.com, Makassar: Taswin, bocah penderita gizi buruk di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Selasa (18/3), meninggal. Putra pasangan Nasrul dan Syamsiah tersebut sempat dirawat empat jam di Rumah Sakit Andi Tenriwaru, Kabupaten Bone. Namun nyawanya tidak dapat diselamatkan. Orang tua bocah berusia enam tahun itu kecewa karena lambannya penanganan tim dokter.

Taswin dibawa ke rumah sakti dalam keadaan kritis. Korban sudah empat tahun menderita gizi buruk. Kondisi kesehatannya terus memburuk lantaran sang ayah yang bekerja sebagai penarik becak tidak mampu menyiadakan asupan nutrisi dan gizi bagi sang anak.

Sebetulnya, Nasrul dan Syamsiah sudah memperbaiki kondisi Taswin dengan rutin membawanya ke pusat kesehatan masyarakat atau puskesmas. Sayang, kondisi Taswin mungkin luput dari perhatian petugas puskesmas ataupun Dinas Kesehatan setempat. Setidaknya, ini terlihat dari bantuan makanan bergizi bagi korban yang sudah terhenti sejak dua tahun silam.

Kematian Taswin menambah panjang daftar balita dan anak-anak yang meninggal karena menderita gizi buruk. Baru pekan silam, seorang nakan di daerah Bone juga meninggal akibat menderita gizi buruk.(BOG/Iwan Taruna dan Rizal Randa)
 


Never miss a thing. Make Yahoo your homepage.