-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

14 September 2009

Ratusan PKL Balikpapan Gruduk DPRD

http://news.okezone.com/read/2009/09/09/1/255825/ratusan-pkl-balikpapan-gruduk-dprd


Ratusan PKL Balikpapan Gruduk DPRD
Rabu, 9 September 2009 - 10:37 wib
Amir Sarifudin - Okezone
PKL Mendatangi Kantor DPRD Balikpapan karena lokasi berjualan mereka yang baru sepi pembeli.

BALIKPAPAN - Sekitar 500 pedagang kaki lima Pasar Pandasari, Balikpapan, Kalimantan Timur mendatangi kantor DPRD Kota Balikpapan, di Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan.

Aksi demo yang dilakukan kaum pedagang ini menuntut Dewan memperjuangkan hak berdagangan mereka di Pandasari yang lokasi sangat ramai dan dekat dengan pusat kota bagian Balikpapan Barat.

Oleh pemkot sejak 1 bulan lalu, lokasi berjualan mereka dipindahkan  di kawasan Somber daerah pinggiran wilayah Balikpapan Barat dengan alasan pemkot tengah melakukan penataan kota.

"Sekarang kita berjualan di sana sepi mas, saya jualan di Pandasari sejak 1992 jualan sandal dan alat kebutuhan lainya," ucap Syaefuddin (55).

Di antara pedagang yang berdemo, mereka membawa sayuran-sayuran seperti bayam, buncis, buah nangka. Mereka prihatin dengan sikap pemkot yang membuat pendapatan mereka turun drastis. "Sepi banget mas dulu jualan lumayan untungnya sekrang di lokasi baru itu jauh dari yang kita peroleh, makanya kita minta kebijakan dari dewan untuk perjuangkan kita," keluh Syaefuddin Rabu (9/9/2009).

Aksi mereka yang dimulai sejak pukul 09.30 Wita ini menyebabkan ruas protokol Sudirman Balikpapan macet karena kendaraan motor mereka diparkir di sisi jalan.

Meski demikian  penjagaan polisi di pintu masuk dewan hanya diterjunkan puluhan personel. Para pedagang tengah diterima pimpinan sementara yang sebelumnya ketua DPRD Balikpapan Andi Burhanuddin Solong dan anggota lainnya. (fit)