-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

28 October 2009

Menkes Pertahankan Jamkesmas

http://www.mediaindonesia.com/index.php/read/2009/10/23/101757/71/14/Menkes_Pertahankan_Jamkesmas_

Menkes Pertahankan Jamkesmas


BANDARLAMPUNG--MI: Menteri Kesehatan pada Kabinet Indonesia Bersatu II, Endang Rahayu Setyaningsih, diharapkan tetap mempertahankan program jamkesmas yang merupakan pelayanan nyata pemerintah terhadap hak-hak dasar masyarakat miskin.

"Saya berharap Pemerintah Pusat meneruskan berlakunya jamkesmas, melalui program tersebut masyarakat miskin yang terbantu mendapatkan pelayanan kesehatan gratis," kata Kepala Dinas Kesehatan Bandarlampung, Reihana, di Bandarlampung, Jumat (23/10).

Menurut dia, pelayanan kesehatan yang layak secara gratis, selama ini diwujudkan dengan program jamkesmas dari Pemerintah Pusat, dan jamkesmasda dari Pemerintah Daerah.

"Kami akan bicarakan dengan Dinkes Provinsi Lampung untuk kemudian diteruskan kepada Menteri Kesehatan yang baru, melalui Departemen Kesehatan," kata dia.

Program jamkesmas adalah program pengobatan gratis bagi masyarakat miskin dengan persyaratan-persyaratan tertentu dari Pemerintah Pusat.

Program yang sama juga dilakukan oleh Pemprov Lampung melalui Dinkes setempat, yakni jamkesmasda, yang menggratiskan pengobatan bagi masyarakat miskin dan pasien kelas III yang dirawat di rumah sakit pemerintah. (Ant/OL-02)