-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

20 October 2009

Pemerintahan Baru Targetkan Penurunan Kemiskinan 9 Persen

http://www.mediaindonesia.com/index.php/read/2009/10/18/100916/3/1/Pemerintahan_Baru_Targetkan_Penurunan_Kemiskinan_9_Persen#

Pemerintahan Baru Targetkan Penurunan Kemiskinan 9 Persen
Minggu, 18 Oktober 2009 23:17 WIB      
Penulis : Dinny Mutiah


JAKARTA-MI: Meski tak bersedia menyatakan tegas bahwa dirinya diminta mengisi posisi Menko Kesra, mantan Ketua DPR Agung Laksono telah diminta untuk mengejar target penurunan kemiskinan. Angka sembilan persen dipatok sebagai target.

Hal ini disampaikan Agung seusai menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Minggu (18/10). "Diharapkan kita dapat menurunkan angka kemiskinan dari 14 persen menjadi 9 persen dengan cepat dan signifikan," kata dia.

Permasalah menghadang, kata dia, dalam misi pencapaian target tersebut. Misalnya bidang pendidikan, kesehatan, hal-hal yang terkait internal departemen, termasuk penyusunan laporan keuangan yang lebih baik. Berulang kali, ia menekankan pentingnya koordinasi dan sinkronisasi antar departemen terkait untuk memudahkan penyelesaian masalah.

"Termasuk juga koordinasi dengan bidang polkam, ekonomi dan antar kelembagaan. Pak SBY juga meminta agar memantau sberapa jauh penyerapan di tingkat daerah dan kota. Maka itu, ia meminta agar nantinya kita sering turun ke daerah memantau pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat," paparnya.

Namun, ia mengembalikan lagi putusan ke tangan SBY sebagai hak preogratif presiden. Meski, ia menegaskan jika pihaknya telah bersedia untuk diajak bergabung dalam kabinet mendatang.

"Saya bersedia untuk diajak bergabung seperti diutarakan di Cikeas," tukasnya. (DM/OL-7)