-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

22 October 2009

Tunggakan Raskin Rp1 Miliar

http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2009/10/22/tunggakan-raskin-rp1-miliar

Tunggakan Raskin Rp1 Miliar

Oktober 22, 2009 - 9:31
Kategori Berita Terkini, Daerah

PURWAKARTA (Pos Kota) -Ketua DPRD Purwakarta meminta Pemkab Purwakarta segera menerjunkan tim audit Inspektorat Wilayah (Itwil) terkait masih banyaknya penunggak beras miskin (raskin) Maret-Oktober sebesar Rp 1 miliar.

"Kalau setoran desa menunggak dengan alibi keterlambatan pembayaran dari warga jelas kita sangsikan, sebab dalam penyalurannya warga membayar kontan beras subsidi ini,"  ujar Ketua DPRD Purwakarta, Ucok Ujang Wardi, Rabu (21/10).

Menurutnya, pemerintah daerah perlu segera mengambil sikap dengan melakukan investigasi dan pembelajaran dalam hal penyaluran raskin maupun sebaliknya (penyetoran).  Jangan sampai, peruntukan beras miskin untuk warga yang membutuhkan ini terkendala hanya karena masalah teknis, apalagi tunggakan.

Kabag Ekonomi Pemkab Purwakarta, Abad Hasyim, mengatakan, pihaknya sejauh ini sudah memantau  dengan menerjunkan UPM yang terdiri atas unsur Polres Purwakarta dan Badan Inspektorat baik dari penyaluran dan penyetoran raskin.

"Untuk membantu kelancaran pembayaran raskin dibantu pihak desa dan kecamatan dalam melakukan pemantauan terhadap pengelola raskin. Kalau pun ada pelanggaran bukan kewenangan kami untuk melakukan tindakan melainkan pihak UPM," jelasnya.(dadan/B)