-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

06 April 2006

Kabupaten Malang Beri Kredit Calon TKI

TEMPO Interaktif
6 April 2006

Malang: Pemerintah Kabupaten Malang melalui Bank Perkreditan Rakyat Kanjuruhan memberikan kredit lunak kepada para calon tenaga kerja Indonesia yang hendak berangkat ke luar negeri.

"Pemberian kredit ini dimaksudkan agar para calon itu berangkat secara legal dan tidak terjebak renternir,"
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Kabupaten Malang, Razali, Kamis siang.

Menurut Razali, prioritas kredit diberikan ke calon TKI yang akan berangkat ke Malaysia di sektor formal. Pertimbangan yang diambil selain jumlah kredit yang disalurkan masih sedikit, juga untuk kelancaran pengembalian.

Bank Kanjuruhan dimiliki Pemerintah Kabupaten Malang menyediakan dana Rp 2 miliar untuk proyek ini. Jumlah itu akan diberikan kepada 500 calon TKI, masing-masing akan mendapatkan Rp 4 juta dengan bunga sebesar 1 persen.

Syarat untuk mendapatkan kredit cukup membuka rekening di bank yang ditunjuk, menyertakan surat keterangan dari perusahaan jasa TKI dan membuat surat kesanggupan membayar angsuran. Cara pembayaran dilakukan dengan memotong langsung di rekening bank peminjam.

Berdasarkan data di kantor Dinas Tenaga Kerja setempat, dalam kurun waktu Januari-Maret 2006, jumlah TKI asal Kabupaten Malang yang berangkat sebanyak empat ratus orang. Dari jumlah itu, Taiwan menjadi tujuan paling banyak atau sebesar 40 persen. Negara berikutnya adalah Hongkong, Malaysia dan Timur Tengah. Pada 2005 jumlah TKI yang berangkat sebanyak 6.000 orang.

Bibin Bintariadi