-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

14 April 2007

141 Rumah Ludes Diamuk Api

Pos Kota
14 April 2007

JAKARTA – Di saat warga tengah terlelap, si jago merah mengamuk dan melalap 141 rumah di Kebon Singkong, Jaktim, Jumat (12/4) dinihari. Diperkirakan, api berasal dari obat nyamuk bakar dari salah satu rumah warga.

Kobaran api terlihat sekitar Pk. 01:00 saat warga di permukiman padat penduduk itu tengah tidur lelap. Dalam tempo singkat, api menjalar ke bangunan di kanan kirinya. Melihat api, warga yang belum tidur kontan berteriak membangunkan tetangganya.

Kepanikan langsung terjadi, sebagian warga mengangkuti harta benda yang bisa diselamatkan. Separo lainnya, bahu membahu mengisi embernya dengan air lalu menyiramkannya ke jilatan api.

“Habis sudah semuanya, kami mau tinggal dimana..,” ucap seorang ibu yang tak bisa menyembunyikan kesedihan akibat kehilangan tempat tinggal.

Aeng, 22, memperkirakan api berasal dari obat nyamuk bakar yang dinyalakan warga. Alasannya, tak sedikit warga di kawasan itu menggunakan racun serangga tersebut untuk mengusir nyamuk. “Bisa jadi api dari obat nyamuk bakar mengenai kabel hingga terjadi kebakaran,” ujarnya.

Sebanyak 22 mobil pemadam datang ke lokasi itu. Dibantu warga, petugas memadamkan api, namun kobaran senyawa panas itu baru bisa dikendalikan empat jam kemudian.

Warga yang kehilangan tempat tinggal mengungsi di lapangan tak jauh dari lokasi rumahnya yang hangus. Usai kebakaran, petugas mendata rumah yang tak bisa dihuni lagi. Tercatat, 20 rumah di RT 06/03 dan 121 rumah di RT 13/04 ludes. Siang hari, lokasi warga mengais barang yang masih bisa diselamatkan di bekas rumahnya.

Sementara itu, kebakaran juga terjadi di Sumur Bor RT 06/12 Kalideres, Jakbar, mengakibatkan Luki, 41, penghuni rumah, terluka. Tubuhnya menderita luka bakar saat ia berupaya memadamkan api yang berkobar sekitar PK. 08:00. Korban dilarikan ke RSUD Cengkareng, sedangkan api padam setelah dua mobil DPK tiba.

Selang satu jam kemudian, kebakaran menghanguskan enam rumah kontrakan di Jl. Raya Kembangan Utara RT 01/01 Kembangan, Jakbar. Api dijinakkan berkat pertolongan dua unit mobil DPK.

(harto/yahya/C7/warto)