-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

29 May 2007

Ditengarai TKI Ilegal

Radar Jember
29 Mei 2007

TKW Yang Terancam Hukuman Mati
BONDOWOSO - Hingga kemarin, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bondowoso terus berusaha keras mengungkap alamat Nur Fadilah, warga Sukosari yang terancam hukuman mati di Arab Saudi. Selain memerintahkan Camat Sukosari, Supartadi, dan Camat Sumberwringin, Abdus Salam, Disnakertrans juga menerjunkan dua petugas di lapangan.

Kepala Disnakertrans Bondowoso,Sugeng Witjahjo SH, nama Nur Fadilah dipastikan tidak tercatat di instansinya. " Dari tahun 2005-2007 kami tidak mencatat nama Nur Fadilah," katanya kemarin.

Menurut Sugeng, tahun 2005 TKI asal Bondowoso yang berada di Arab Saudi sebanyak 149 orang. Sedangkan tahun 2006 sebanyak 179 orang. Dari jumlah itu, tidak satu pun yang namanya Nur Fadilah.

Karena itu, dia menduga Nur Fadilah berasal dari luar Bondowoso, tetapi menggunakan alamat di Bondowoso. Atau sebaliknya, yang bersangkutan asal Bondowoso, namun berangkat dari kabupaten lain.

Sebab, kata Sugeng, kadang ada TKI yang berangkat melalui kabupaten lain, sehingga tidak tercacat di Disnaketrans. "Tapi rata-rata mereka yang melakukan itu termasuk TKI Ilegal," terangnya.

Selain itu, Sugeng, juga mengaku belum berhasil mengbungi KBRI di Arab Saudi. "Tidak ada jawaban dari KBRI Arab Saudi. Saya akan mencoba terus hingga ada penjelasan dari KBRI," imbuhnya. Dia juga megimbau kepad masyarakat agar memberitahukan pada aparat setempat jika mengtehaui alamat pasti Nur Fadilah. (aro)