-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

31 May 2007

Fasilitasi Konseling TKI Bermasalah

Batam Pos
31 Mei 2007

Guna meminimalisir kasus TKI bermasalah di Batam akhir-akhir ini, Pemko Batam berinisiatif memberikan fasilitas dan konseling bagi TKI yang berada di penampungan sementara di Shelter Pusat Pelayanan Korban Kecelakaan Perempuan dan Anak (P2K2PA), Sekupang.

Program ini salah satu kegiatan yang dijalankan Pemko Batam melalui Kantor Pemberdaya Perempuan (KP2) untuk menangani korban TKI bermasalah. Program yang dijalankan adalah dengan memberikan konseling dan bimbingan mental kejiwaan yang dilakukan secara berkala, dan rutin oleh psikolog yang ada di KP2 Kota Batam.

Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri menjelaskan, bagi TKI bermasalah, petugas yang berada di Shelter akan melayani, mengawasi dan memberikan pengarahan yang bersifat membantu aktivitas para korban TKI bermasalah.

Sedangkan untuk teknis pemulangan TKI bermasalah, Pemko Batam melalui KP2 bekerja sama dengan International Organization of Migration (IOM), akan memulangkan TKI bermasalah tersebut ke tempat asalnya.

”Dari awal 2007 hingga April lalu, hasil kerjasama Pemko Batam dengan LSM Setara Kita yang menangani TKI bermasalah, telah memulangkan TKI bermasalah sebanyak 39 orang,” ujar Yusfa.

Yusfa menambahkan, bagi TKI yang saat ini masih berada di Shelter, nantinya secara bergiliran akan dipulangkan ke tempat asal. Saat ini TKI bermasalah yang ada di Shelter, sekitar 15 orang. Jumlah ini bertambah pada tanggal 23 Mei 2007, sebanyak 12 orang. ”Dalam menangani TKI bermasalah ini, Pemko Batam melalui KP2 Kota Batam sangat memperhatikan kebutuhan para TKI bermasalah yang ada di Shelter tersebut,” ujar Yusfa. (cr8)