-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

31 May 2007

LP2TKI Latih 1.500 Orang Setiap Bulan

Batam Pos
31 Mei 2007

Khusus TKI ke Singapura
Lembaga Pemberdayaan dan Pelatihan Tenaga Kerja Indonesia (LPTKI) di Batam Centre setiap bulannya memberikan pembengkalan rata-rata 1.500 TKI. LP2TKI khusus melatih TKI yang diberangkatkan ke Singapura.

Kepala Bidang Penempatan dan Pelatihan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Luhut Marbun mengatakan, LP2TKI yang saat ini dikelola pihak swasta, PT Batam International Training Centre (BITC) aktif memberikan pelatihan. ”Koordinasi dengan Disnaker berjalan baik. LP2TKI berfungsi fungsinya memberikan Pembekalan Akhir Pemberangkatan (PAP). Setiap pembekalan, kita selalu diundang. Ada juga dari Otorita Batam, kepolisian, termasuk Depag Kota Batam,” kata Luhut, Selasa (29/5) lalu.

Kata Luhut, LP2TKI khusus memberikan pelatihan bagi TKI yang dikirim ke Singapura. Sedangkan, TKI yang diberangkatkan ke Malaysia, LP2TKI-nya tidak berada di Batam, tetapi di Kalimantan. “”Melalui LP2TKI, semua TKI yang akan dikirim diberi pelatihan dan pembekalan keterampilan sehingga mereka tahu hak-hak dan kewajibannya sebagai pekerja di Singapura. Itu bisa diyakini karena pengiriman TKI ke Singapura melalui satu pintu keluar, yaitu dari Batam, sehingga mudah mengontrolnya,” ujarnya.

Dalam konsep awalnya, LP2TKI menjadi tempat seleksi dan pelatihan akhir bagi para TKI di Singapura. Hal ini sejalan dengan rencana menjadikan Batam sebagai satu-satunya pintu pengiriman TKI ke Singapura. LP2TKI atau disebut juga Batam International Training Center (BITC) memiliki bangunan tiga lantai. LP2TKI akan memberi sertifikat keterampilan kepada setiap calon TKI. (dea)