-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

26 June 2007

Bantuan Pemkab Dinilai Telat, TKW Ceriyati Periksa Gratis

Pos Kota
26 Juni 2007

BREBES, Pos Kota - Ceriyati, TKW asal Desa Kedungbokor, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, yang mencoba kabur dari majikannya di Malaysia, sekarang sudah kumpul dengan keluarganya.

Untuk memastikan kondisi kesehatannya, Ceriyati, dibawa ke Rumah Sakit Dedy Jaya (RSDJ) Brebes, ruang Cendrawasih, untuk mendapatkan perawatan.

Dalam perjalanan ke rumah sakit Ceriyati ditemani keluarga dan LSM.
Sebelum dibawa ke RSDJ, Bupati Brebes, Indra Kusuma, sempat memberikan bantuan dan menawarkan perawatan di RSUD Brebes dengan fasilitas Askeskin. Keluarga Ceriyati merupakan keluarga yang kurang mampu, namun perhatian pemkab yang terlambat tersebut dinilai bukan bentuk perhatian.

"Kami sangat menghargai bantuan itu, tapi sangat terlambat dan tidak manusiawi. Dia itu pahlawan devisa, mestinya diperlakukan dengan baik dan manusiawi. Jadi kita terpaksa membawanya ke rumah sakit yang representatif dan biayai sudah ada yang menanggung semua, yakni bos Dedy Jaya Group, Haji Dedy," kata Mahfudin, koordinator LSM Masyarakat Jaga Kali (Mas Jaka).

TAK PEKA
Mahfudin, saat mendampingi Ceriyati mengatakan, dengan perlakukan seperti itu, menunjukkan pemkab tidak memiliki kepekaan terhadap warganya yang mengalami musibah. Padahal kasus yang menimpa Ceriyati sudah menjadi masalah internasional. Presiden SBY saja menyatakan keprihatinannya.

Sementara dokter yang merawat Ceriyati, dr Umar Utoyo, mengatakan, dari diagnosa awal masih terlihat gejala-gejala penganiayaan, di antaranya cidera kepala ringan, punggung dan perut. Namun pihaknya akan melakukan pemeriksaan lengkap, seperti rontgen kepala, dada serta perut untuk mengetahui secara pasti, apakah ada luka di bagian dalamnya atau tidak. Selain itu, pihaknya juga akan memeriksa kejiwaannya dengan mendatangkan psikiater.
(slamet)