-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

30 July 2007

Fazi Bowo – Pijanto Dukung Warga Meruya Selatan

Pos Kota
30 Juli 2007

JAKARTA (Pos Kota) - Cagub DKI H.Fauzi Bowo dan Cawagub Priyanto, mendukung warga Kelurahan Meruya Selatan melakukan perlawanan hukum atas lahan tanah dan bangunannya yang terancam eksekusi PT Portanigra.”Kami bersama Priyanto dan dukungan 19 partai sudah berkomitmen ikut terus memperjuangkan nasib warga Meruya Selatan,”pekik Fauzi Bowo disambut meriah dengan yel-yel hidup Fauzi Bowo hidup Priyanto dan 19 partai pendukungnya.

Dukungan Fauzi Bowo ini disampaikan di hadapan ribuan pendukungnya ketika kampanye terbuka di lapangan bola Mercu Buana Kelurahan Meruya Selatan, Minggu (29/7) siang. Dukungan ini sebagai upaya agar warga dapat mempertahankan haknya dari pihak lain yang akan merampas hak warga tersebut.

Rencana eksekusi terhadap 78 Ha lahan, meliputi 10 dari 11 RW di Kelurahan Meruya Selatan 21.000 jiwa (5.000 bangunan) yang sudah memiliki sertifikat, IMB, membayar PBB dan menguasai fisik, cagub paham betul akan kondisi ini bahkan saat aktif menjadi Wagub, Fauzi Bowo mendampingi Gubernur Sutiyoso yang siap pasang badan untuk melakukan perlawanan hukum, ketika bertemu warga Meruya Selatan, di Universitas Mercu Buana, beberapa waktu lalu.

Kasus Meruya Selatan awal Mei 2007 sempat menjadi perhatian dunia internasional karena Forum Masyarakat Kelurahan Meruya Selatan (FMKMS) melihat putusan Mahkamah Agung No 2683/PDT/G/1999 banyak kejanggalan. Ada 79 dari putusan 147 yang salah, penandatangannan yang berbeda. Maka atas putusanm yang dinilai mendzolimi warga, FMKMS melapor ke tujuh (7) negara.

Dari respon 7 negara ini sudah menyampaikan langsung ke Presiden SBY dan SBY sudah membentuk tim investigasi. ”Penasehat Hukum Pak SBY, bapak Adnan Buyung Nasution sudah beberapa kali bertemu forum,” kata Fransisca Ramona, kuasa hukum warga.Pak Adnan sudah mempelajari masalah ini dan menilai putusan pengadilan Non Unexetable (tidak dapat dieksekusi) dasarnya tanah yang akan dieksekusi tidak jelas batas-batasnya, ada aset negara dan sudah dimiliki warga (pihak ketiga).

TAK HANYA SEBATAS KOMITMEN
Menanggapi pernyataan cagub dan cawagub, Fransisca berharap tidak hanya sebatas komitmen, tapi harus dilakukan terbosan melalui aspek hukum dan ekonomi. Karena sampai sekarang pemerintah daerah (Pemda DKI) maupun pemerintrah pusat belum memberikan secara kongkrit.

“Kami berharap Pak Fauzi dan Pak Priyanto, jika terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta benar-benar mewujudkan janjinya.Apalagi program pemda sebagai memberdayakan masyarakat, seperti pemberdayaan masyarakat melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (PPMK) yang disalurkan melalui Dewan Kelurahan.”tambahnya.

AKBAR TANJUNG
Kampanye Cagub/cawagub Fauzi Bowo - Priyanto, selain dihadiri 19 tokoh partai pendukungnya, juga dihadiri Akbar Tanjung dan berorasi, Sabam Sirait, Achmad Suaidy, Ernawati Sugondo.

Kampanye juga disemarakan Orkes Dangdut Soneta Grup, dari 5 lagu yang dilantunkan Rhoma Irama, satu lagu khusus mengajak warga memilih Fauzi Bowo, demikian juga Elvi Sukaesih dan Mandra.
(herman)