-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

24 July 2007

Nirmala Bonat Tolak Tuduhan Siksa Diri Sendiri

ANTARA News
24/07/07 16:30

Kuala Lumpur - Nirmala Bonat, pembantu asal NTT, menolak dituduh pengacara Jagjit Singh, sering memukul kepala sendiri dengan tangannya dan kadang-kadang dengan besi untuk menunjukkan penyesalan atas kesalahannya.

"Tidak betul," kata Nirmala dalam sidang lanjutan di pengadilan Kuala Lumpur yang dipimpin oleh hakim Akhtar bin Tahir, Selasa.

Ia menjawab dengan tegas pertanyaan pengacara bekas majikan perempuan Yim Pek Ha, (37) Jagjit Singh, apakah Nirmala sering memukul kepalanya dengan tangan sendiri, dan kadang-kadang dengan besi.

Sebelumnya Nirmala mengaku pernah berbuat kesalahan ketika menyetrika baju hingga baju majikannya terbakar dan memecahkan peralatan dapur ketika bekerja. Ia juga mengaku ketika masih bekerja sering mengeluh sakit kepala.

Pengacara Jagjit menunjukkan sebuah boneka yang di selangkangannya bolong.

"Apakah kamu ingat boneka itu Nirmala?" tanya Jagjit Singh.

"Iya saya ingat. Itu boneka pemberian dari majikan," jawab Nirmala.

"Apakah kamu ingat lubang di tengah itu. Tempat kamu menyimpan cincin dan gelang majikan yang kamu curi," tuduh Jagjit.

"Tidak betul tuan hakim," bantah Nirmala.

Mantan majikan Nirmala merupakan orang kaya dan tokoh berpengaruh di MCA (Malaysia Chinesse Association) yang mampu membayar pengacara mahal sekaliber Jagjit Singh yang mampu memainkan pertanyaan dan intonasi pertanyaan sehingga membuat bingung Nirmala Bonat dan memberikan jawaban yang membingungkan dan kontradiktif di pengadilan.

Nirmala sempat membantah laporan polisi yang dibuat sendiri dan dikatakan tidak benar semua. Tetapi tidak lama kemudian, diakui beberapa laporan polisi yang menjadi barang bukti di pengadilan.

Sebagai orang kampung, Nirmala tampak gugup dan ragu dalam menjawab pertanyaan pengacara majikan, yang tidak begitu menguasai bahasa Melayu, dan sering berkata-kata dalam bahasa Inggris.

Pada sidang sebelumnya, Nirmala Bonat juga membantah minum air kencing sendiri bila berbuat kesalahan kerja sebagai bentuk penyesalan.

Ia juga membantah tuduhan majikannya, melalui pengacaranya, pernah tidur di ruang tamu tanpa mengenakan pakaian atau telanjang pada November 2003.

Kasus Nirmala Bonat mulai berjalan kembali setelah beberapa kali ditunda oleh pengadilan Kuala Lumpur. Persidangan kasus penyiksaan ini sudah berjalan tiga tahun lebih dan masyarakat menilai sudah terlalu lama sejak awal persidangannya pada Juli 2004.(*)