-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

13 September 2007

BNI & Depnakertrans Berdayakan TKI

Okezone
Kamis, 13/09/2007 11:08 WIB

JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk kembali meningkatkan kerja sama dengan Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) dalam pemberdayaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Kerja sama meliputi penggunaan jasa perbankan dalam program penempatan, perlindungan TKI.

Penandatanganan nota kesepahaman ini, dilakukan oleh Menakertrans Erman Suparno dan Direktur Utama BNI Sigit Pramono. Penandatanganan berlangsung di Kantor Depapnakertrans, Jakarta, Kamis (13/9/2007).

Sigit Pramono mengatakan, selain pemberdayaan TKI, perjanjian ini juga meliputi pemberian fasilitas pinjaman, layanan deposito, penyimpanan dan pengelolaan dana. Selain itu jasa pengiriman dan penukaran uang, bantuan kegiatan pelatihan maupun penyuluhan terkait dengan perbankan.

"Kami sudah mempertimbangkan potensi bisnis yang besar dari TKI yang tersebar di berbagai negara," jelas dia.

Sigit menuturkan, untuk merespons potensi bisnis ini, dua tahun lalu bank pelat merah ini telah menjalin kerja sama dengan PT Pos Indonesia dengan membuka outlet BNI Pos yang tersebar di berbagai daerah.

Hal ini untuk mendekati pasar di daerah yang memiliki potensi TKI sehingga dapat menikmati layanan perbankan di daerah. Di sisi lain, pembukaan outlet disinergikan dengan jaringan internasional perseroan yang berada di Singapura, Hong Kong, Tokyo, London, dan New York.

"Kerja sama diperluas dengan meningkatkan jaringan ATM, sehingga memungkinkan TKI melakukan transaksi perbankan di daerahnya masing-masing," tandas dia. (tomi sujatmiko/sindo/rhs)

sindo/tomi sujatmiko -