-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

30 August 2007

Jenazah [Siti Munawaroh, 21, TKI asal Ngawi] Dipulangkan .. [sakit?]

okezone
Kamis, 30/08/2007 19:50 WIB
2 Jenazah TKW Tiba di Kampung Halaman Cetak E-mail

NGAWI – Dua jenazah tenaga kerja wanita (TKW) yang meninggal saat bekerja di negeri orang, Rabu pagi dipulangkan kekampung halamannya.

Dua jenazah tersebut yakni Siti Munawaroh (21), TKW yang diduga meninggal karena serangan jantung. Dan Sumarni (23), TKW yang meninggal akibat gantung diri.

Siti Munawaroh, TKW asal Desa Randusongo, Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi meninggal dunia di Arab Saudi diduga karena sakit. Namun, pihak keluarga korban meragukan keterangan tersebut, Pasalnya, sebelum kematian tidak ada pemberitahuan sama sekali dari pihak PJTKI maupun dari Pemerintah Arab Saudi.

Menurut Satiman (57), orang tua korban, mengaku semenjak berangkat ke Arab Saudi untuk bekerja sebagai pembantu rumah tangga Oktober 2006 lalu, korban tidak pernah berkirim surat atau kontak dengan keluarga di kampung halamannya.

Namun, Kamis pagi keluarga dikejutkan dengan kedatangan korban yang sudah menjadi jenazah. "Kami diberitahu kalau anak saya meninggal karena sakit jantung," ujar Satiman saat ditemui di rumahnya, Kamis (30/8/2007).

Meski pihak keluarga mengikhlaskan kepergian Siti munawaroh, namun pihak keluarga menuntut agar gaji korban selama 18 bulan bekerja di arab Saudi segera dibayarkan.

Pada hari bersamaan, keluarga Sumarni, TKW asal Desa Jagir, Kec Sine, Kab Ngawi, menerima jenazah Sumarni. TKW yang ditemukan tewas gantung diri saat bekerja di Malaysia, kemarin disambut jeris histeris dan isak tangis keluarganya.

Menurut Suwandi (42), paman korban, mengatakan korban sebenarnya berencana mencari rejeki ke luar negeri agar dapat menyekolahkan adiknya.

"Tapi belum genap satu bulan, dirinya sudah meninggal dengan cara seperti itu," keluhnya. (muhammad roqib/sindo/kem)