-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

31 August 2007

Migrant Care: Ganyang Malaysia!

okezone
Jum'at, 31/08/2007 10:50 WIB

JAKARTA- Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Migrant Care berunjuk rasa di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Malaysia, Jalan Rasuna Said, Setia Budi Jakarta Selatan. Lembaga advokasi untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ini memprotes tindakan Malaysia atas perlakuan keras terhadap TKI yang mengadu nasib di negeri itu.

Selain mengecam keras kebijakan deportasi terhadap TKI, Migrant Care juga menunjukkan daftar nama tenaga kerja yang menjadi korban kekerasan di Negeri Jiran tersebut.

Sebanyak 47 nama TKI di tulis dalam kertas HVS, hingga terlihat memanjang dan di tempelkan pada pintu gerbang Kedubes Malaysia. Dalam orasinya, mereka menilai kebijakan pemerintah Malaysia tidak bisa menghargai negara Indonesia. Malaysia dinilai meremehkan TKI terutama nasib tenaga kerja yang kerap kali mendapat perlakuan tak wajar seperti kekerasan dan pelanggaran HAM.

“Malaysia pelanggar HAM, kasus ambalat, kasus pemukulan wasit,” ujar salah seorang orator seperti yang ditulis dalam poster-poster yang mereka bawa.

Dalam aksi yang mereka lakukan, Jumat (31/8/2007), para demonstran juga tak henti-hentinya berteriak lantang Ganyang Malaysia!.

Aksi ini mendapat pengawalan dari petugas keamanan dengan ketat. Petugas keamanan tampak bersiaga dan melengkapi diri dengan peralatan anti huru hara. Sejauh ini, aksi berjalan dengan damai. (lut)

Siswanto - Okezone