-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

13 September 2007

Suparmi Tiba di Surabaya Sore Ini

Okezone
Kamis, 13/09/2007 06:58 WIB

Hariyanto Kurniawan - Okezone

JAKARTA - Jenasah TKW yang bekerja di Arab Saudi Suparmi binti Rusdi (45) akan tiba di Jakarta sore ini. Keterangan dari majikannya, Suparmi meninggal karena serangan jantung. Keluarga menyangkal Suparmi mempunyai penyakit jantung.

Berdasarkan informasi yang diterima okezone, almurhamah Suparmi direncanakan tiba di Bandara Juanda Surabaya, Kamis (13/11/2007) sore, pukul 16.55 WIB, dengan menumpang pesawat Silk Air MI 226 penerbangan Singapore-Surabaya. Jenasah sedianya akan langsung dibawa ke kampung halamannya di Desa Majesem RT 04/04, Kendal, Ngawi dan tiba pukul 21.00 WIB.

Sesuai keterangan majikan Suparmi, Adnan Abdullah Al Humaidi, penyebab kematian Suparmi akibat serangan jantung. Suparmi mendapatkan serangan itu saat plesir bersama majikannya ke Abu Dhabi, 2 September. Namun pihak keluarga meragukan penyebab kematian Suparmi.

Pihak keluarga Suparmi mengatakan, TKW yang bekerja Arab Saudi sejak 5 Oktober 2005 itu tidak pernah mempunyai catatan kesehatan jantung yang buruk. Keluarga didukung oleh LSM Migrant Care mendesak pengusutan tuntas sebab-sebab kematian Suparmi binti Rusdi.

Desakan pengusutan dilatarbelakangi dengan ramainya kasus-kasus kemanusiaan para TKW di luar negeri. Sebagian besar mendapatkan perlakuan buruk dari majikannya, bahkan hingga meninggal dunia.

Keluarga juga meminta pertanggungjawaban perusahaan penempatan tenaga kerja PT Amri Margatama. Hingga kini perusahaan yang memfasilitasi pengiriman Suparmi ke luar negeri belum menunjukkan gelagat bertanggung jawab. Bahkan menurut Migrant Care, perusahaan cenderung mengingkari. (hri)