-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

20 November 2007

Perempuan Asal Bandung Meninggal Misterius di Arab Saudi

detikcom, 20/11/2007

Bandung - Yanti Binti Uto (28), TKW asal Kampung Ciputih RT 2 RW 5 Desa Karamatmulya Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung meninggal secara misterius di Arab Saudi. Tidak diketahui jelas penyebab kematiannya. Keluarga hanya diberi kabar jika Yanti bunuh diri pada April lalu di Kota Abha, Jeddah, Arab Saudi.

Menurut Kakek Yanti, Danu Saripudin, Kamis lalu (15/11/2007), rumahnya kedatangan perwakilan dari desa, Deplu, serta utusan dari PJTKI yang memberangkatkan Yanti, PT Binhasan Maju Sejahtera.

"Pak Suseno dari Deplu bilang kalau Yanti meninggal di Arab Saudi. Katanya bunuh diri. Mereka bertanya apakah jenazahnya mau dimakamkan di sana atau dibawa ke tanah air," ujar Danu saat ditemui wartawan di kediamannya, Kp Ciputih RT 2 RW 5 Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (20/11/2007). Saat ini, kata Danu, jenazah Yanti masih berada di RS di Jeddah.

Saat ditanya bagaimana kronologi kematian Yanti, Danu mengaku pihak Deplu tidak bisa menjawab. "Mereka hanya bilang meninggal April lalu. Kami sekeluarga syok. Kenapa setelah 7 bulan meninggal baru dikasih tahu," kata Danu.Merasa curiga dan tidak puas atas keterangan dari pihak Deplu dan PJTKI, kata Danu, pihak keluarga meminta hasil visum jenazah Yanti.

Untuk pengurusan jenazah, lanjut dia, pihak keluarga memutuskan untuk menguburkannya di tanah air. "Prosesnya katanya bisa sampai tiga bulan," kata dia.

Berdasarkan dokumen dari PT Binhasan Maju Sejahtera, Yanti berangkat ke Arab Saudi pada tanggal 19 Mei 2006. Dia sempat tinggal di tempat penampungan selama 18 hari.
( ern / asy )

Erna Mardiana - detikcom