-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

20 November 2007

Stres Dideportasi dari Malaysia, Yuli Nekat Buka Rok

detikcom, 20/11/2007 13:19 WIB

Jakarta - Seorang perempuan muda meronta-ronta dan berteriak-teriak saat dibawa ke posko pemulangan TKI Tanjung Priok, Jakarta Utara. Wati alias Yuli stres dan bingung setelah dideportasi.

Foto: Yuli korban deportasi pemerintah Malaysia (ari saputra/detikcom)

Bahkan perempuan 23 tahun itu sempat mencoba menelanjangi diri dengan membuka roknya. Namun aksi nekat itu berhasil dicegah petugas.

"Saya bingung harus pulang ke mana. Orang tua saya sudah meninggal. Saya tidak punya keluarga lagi," kata Yuli sesenggukan, Selasa (20/11/2007).

Yuli yang berambut ikal sebahu itu pun menceritakan pengalaman tidak mengenakkan selama berada di Malaysia.

"Saya awalnya kerja di restoran terus dibawa orang, lalu surat-surat saya diambil dan saya dipukuli," kata perempuan asli Kendal, Jawa Tengah itu terisak.

Yuli adalah 1 dari 540 TKI ilegal yang dipulangkan dari Malaysia. Mereka dideportasi karena tidak memiliki surat izin bekerja di negeri jiran itu.

Selain rombongan Yuli, ada juga 330 TKI ilegal yang akan diturunkan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Saat ini, mereka sedang transit di Tanjung Priok, Jakarta. ( ken / umi )

Ari Saputra - detikcom