-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

30 January 2008

Kondisi Hasniati Baik, Kata KBRI Berlin

29/01/08 10:02 Berlin- Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Berlin, Jerman, mengungkapkan saat ini kondisi tenaga kerja wanita (TKW) dengan nama samaran Dewi Hasniati (30 tahun) berada dalam kondisi baik dan tinggal dalam penampungan yang disediakan LSM Ban-Ying.


"Dia telah dua kali datang ke KBRI dan saat ini kondisinya baik-baik saja. Yang jelas dia sudah tidak lagi bekerja pada diplomat asal Yaman itu karena dia tinggal di penampungan Ban-Ying. Kita terus memantau keadaannya," ungkap sumber di KBRI kepada ANTARA, Senin.

Dikatakannya KBRI telah meminta perhatian dari Kementerian Luar Negeri Jerman atas kasus tersebut, meskipun diperkirakan tidak akan ada tindakan tertentu terhadap majikan TKW yang telah bekerja sebelum diplomat itut ditempatkan di Berlin.

"Pihak Ban-Ying sendiri telah meminta agar diplomat itu dipersona nongratakan," kata sumber tersebut.

Pihak KBRI juga menegaskan bahwa saat Hasniati mendapat perawatan dari rumah sakit pada awal April tahun lalu, dia memiliki izin tinggal yang berlaku selama satu tahun. "Kita telah membuatkannya paspor saat itu karena paspornya ditahan oleh majikannya," ungkap sumber itu.

Hasniati, katanya, tidak memiliki kemampuan berbahasa Jerman atau Inggris, sehingga diperkirakan sulit baginya untuk memperoleh pekerjaan di Jerman.

Sebelumnya, diberitakan bahwa seorang TKW asal Indonesia dengan nama samaran Dewi Hasniati disiksa majikannya, seorang diplomat Yaman yang ditugaskan di Berlin, Jerman. (*)

COPYRIGHT © 2008