-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

28 February 2008

Ratusan Balita di Temanggung Alami Gizi Buruk

Ratusan Balita di Temanggung Alami Gizi Buruk
 
TEMANGGUNG—MI: Sebanyak 229 anak usia bawah lima tahun (balita) di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menderita gizi buruk selama memasuki 2008 akibat faktor ekonomi, kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Temanggung Agus Winarno.
Menurut dia di Temanggung, Sabtu (23/2), tiga dari 229 balita tersebut mengalami gizi buruk berdasarkan kategori berat badan per tinggi badan, sedangkan 226 sisanya berdasarkan berat badan per umur.
 
"Jumlah balita yang mengalami gizi buruk tersebut cukup tinggi, karena tahun 2008 baru berjalan kurang dari dua bulan, yakni Januari dan Februari," katanya.
 
Ia menyebutkan, sepanjang 2007 balita penderita gizi buruk di Temanggung hanya 276 kasus dan tahun 2006 sebanyak 325 kasus.
 
"Tingginya angka balita penderita gizi buruk itu terjadi karena faktor ekonomi. Banyak keluarga di Temanggung tidak mampu secara ekonomi, sehingga berdampak pada buruknya gizi pada balita mereka," katanya.
 
Kategori gizi buruk, katanya, bisa dilihat dari segi lingkar kepala, lengan, perut, umur, berat, dan tinggi badan. "Penderita gizi buruk terparah jika sama sekali tidak bisa melakukan apa-apa. Paling hanya terbaring tidak berdaya," katanya.
 
DKK Temanggung, katanya, sudah menangani kasus gizi buruk secara intensif dengan memberikan bantuan berupa asupan makanan bergizi dan susu. Bahkan sudah memberikan bantuan berupa ternak kambing pada sejumlah keluarga yang memiliki balita penderita gizi buruk.
 
Menurut dia, bantuan kambing diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi keluarga tidak mampu supaya bisa memberikan gizi yang cukup untuk anak-anaknya.
Ia menyebutkan, bantuan kambing akan diberikan kepada 15 keluarga di Kabupaten Temanggung yang memiliki balita bergizi buruk, yakni di Kecamatan Kandangan, Kranggan, Bulu, Tretep, Bansari, Gemawang, Temanggung, Candiroto, Kaloran, dan Tembarak. (Ant/OL-02)
 


Looking for last minute shopping deals? Find them fast with Yahoo! Search.