-->

Headlines

The Ecosoc News Monitor

28 March 2008

Kemiskinan Memicu Kasus Gizi Buruk

17/03/2008 13:26 Gizi Buruk
Kemiskinan Memicu Kasus Gizi Buruk


Liputan6.com, Purworejo: Kemiskinan dan ketidakmampuan orang tua menyediakan makanan bergizi bagi anaknya menjadi penyebab utama meningkatnya korban gizi buruk di Indonesia. Di Desa Kalikotes, Purworejo, Jawa Tengah, seorang bocah berusia dua tahun bernama Supariyati hanya bisa menangis menahan lapar dan haus. Sang bocah diduga kurang gizi akut atau busung lapar. Tak heran jika berat badannya cuma delapan kilogram.

Tidak hanya perut yang membesar, tulang belakang Supariyati juga bengkok akibat tertarik ke depan. Menurut sang ibu Bariyani, derita buah hatinya itu telah berjalan setahun terakhir. Berbagai usaha telah ditempuh, baik ke dokter atau pengobatan alternatif. Namun sang anak tak kunjung sembuh.

Menurut dokter di Rumah Sakit Umum Purworejo, pihaknya tak memiliki cukup alat untuk mendiagnosa penyakit korban. Tapi, menurut seorang ahli gizi, tak terlalu sulit mengecek kasus busung lapar.

Tidak hanya di daerah, di Ibu Kota kasus serupa juga bisa ditemui. Salah satunya menimpa Zahira, anak pasangan Saiful dan Suherti, warga Petamburan, Jakarta Pusat. Meski sudah berusia 16 bulan, berat badannya cuma 6,5 kilogram atau setengah dari berat idealnya yaitu 12 kilogram.

Selain tidak mendapat air susu ibu (ASI) eksklusif, Zahira juga tidak mendapat asupan gizi yang baik. Apalagi bayi perempuan itu juga menderita tuberculosis (TBC) yang semakin menyusutkan berat badannya. Pengobatan ke rumah sakit pun sering terlambat karena kurangnya pengetahuan tentang kesehatan.

Yang jelas, berkembangnya berbagai macam penyakit yang menyerang masyarakat, terutama warga miskin, tidak terlepas dari terbatasnya anggaran kesehatan. Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2008 pemerintah mengalokasikan 2,3 persen untuk biaya kesehatan. Namun, sebagian besar dipakai untuk membayar gaji pegawai, sehingga biaya untuk membeli obat dan perlengkapan medis terbatas.(ADO/Tim Liputan 6 SCTV)
 
 


Looking for last minute shopping deals? Find them fast with Yahoo! Search.